METROPOLITAN –  Kegiatan Bulan Bahasa ke-18 yang diselenggarakan di SMAN 5 Kota Bogor berlangsung meriah kemarin. Kemeriahan mulai terasa saat 798 peserta atau siswa dari Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten ini menampilkan kemampuannya dalam lomba yang diselenggarakan panitia.

Terlihat para peserta sangat serius mengikuti lomba yang diikuti sebanyak 107 sekolah. Mereka beradu kemampuan dalam 11 mata lomba. Diantaranya, sebanyak 6 kategori lomba untuk kategori SMP dan 5 kategori untuk SMA.

Kegiatan sendiri dimulai dengan pembacaan puisi hingga berbalas pantun Bahasa Indonesia. Termasuk, ada monolog, musikalisasi hingga kegiatan lomba lainnya. Tujuannya, untuk melestarikan Bahasa Indonesia, sehingga generasi muda dapat mengetahui pentingnya membiasakan berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. “Jadi bukan hanya sekedar diperingati saja. Tetapi, kita mengadakan lomba yang bertujuan agar mereka bagaimana bisa menghargai Bahasa Indonesia,” kata Ketua Panitia, Isti yang juga merupakan pengajar di SMAN 5 Kota Bogor.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Kota Bogor, Dewi Suhartini berharap, melalui kegiatan ini dapat membentuk karakter generasi bangsa yang kreatif, handal serta dapat mencintai Bahasa Indonesia. Sebab, kegiatan ini merupakan momentum dalam membiasakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. “Saya berharap kepada para peserta lomba, agar dapat menjunjung tinggi sportivitas dan tetap konsisten mengedepankan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Sesepuh Budayawan Bogor, Eman Sulaeman yang juga selaku juri lomba. Eman sangat mengapresiasi acara ini. Sebab, ini sangat penting dalam membentuk karakter anak bangsa, terutama dalam implementasi pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. “Kami sangat mengapresiasi acara ini. Karena dengan mencintai bahasanya, otomatis akan cinta pula kepada Bangsa dan Negara Indonesia,” katanya.(lis/ar/rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here