METROPOLITAN – Mungkin warga Kota Bogor belum ba­nyak yang mengenal sosok Ra­den Saleh. Ya, maestro pelukis Indonesia yang namanya lebih terkenal di Eropa itu pernah mewarnai sejarah Kota Bogor. Nama Raden Saleh yang tinggal dan wafat di kota hujan ini pun tetap harum. Banyak gelar ke­hormatan yang tersemat pada dirinya.

Kisah hidupnya serta kiprahnya sebagai pelukis tingkat dunia ini menarik budayawan dan sastrawan Kota Bogor mem­buat buku yang mengulik ke­hidupan Raden Saleh. Tak lama lagi buku tersebut akan segera diluncurkan penerbit populer Gramedia pada Selasa (13/11) mendatang.

Buku yang tentu saja tidak ha­nya menceritakan kepiawaian Raden Saleh melukis, lebih dari itu akan mengulik sosok Raden Saleh yang mempunyai minat dan paham pada pendi­dikan, tumbuh-tumbuhan dan hewan.

”Sejarah hidup Raden Saleh ini sangat memberikan warna bagi Kota Bogor. Beliau bukan saja ma­estro tapi juga sangat paham tentang ilmu pengetahuan,” kata Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat usai menerima kunjungan dari pener­bit dan penulis buku Raden Saleh di Paseban Surawisesa, Selasa (6/11).

Ade menuturkan, sebelum peluncuran buku, akan lebih dulu dilakukan napak tilas yang dimulai dari Makam Raden Sa­leh di Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan dan berakhir di Museum Sejarah Alam dan Ma­nusia, Jalan Juanda pada Sabtu (10/6). (*/rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here