METROPOLITAN – Parung , Dunia pendidikan Kabupaten Bogor patut berbangga hati, pasalnya salah satu SMA terbaiknya menjadi satu-satunya wakil dari Kabupaten Bogor dalam lomba sekolah sehat tingkat Provinsi. Ya, itu adalah SMAN 1 Parung.

Satu persatu titik yang ada di sekolah ini dipantau oleh tim penilai tanpa terkecuali untuk memastikan seberapa jauh Usaha Kesehatan Nasional (UKS) telah berjalan dengan optimal. Termasuk di antaranya kantin sekolah, toilet, ketersediaan alat penunjang kebersihan, ruang kelas, dan ruang guru juga tidak luput dari pantauan tim penilai.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Parung, Ikhwan Setiawan yang berhasil dikonfirmasi menuturkan, keberhasilan sekolah yang dikomandoi olehnya tidak diperoleh secara instan. Ia mengatakan titik berat yang diterapkan kepada siswa adalah membangun kebiasaan sehat dari hal kecil misalnya kebiasaan mencuci tangan. Dengan usaha dan kerja keras secara bersama-sama SMA 1 Parung berhasil memperoleh prestasi Juara 2 lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

”Instrumen sarana dan prasarana, kemampuan anak-anak untuk mengetahui tentang UKS, termasuk guru harus juga menguasi UKS, kerjasama antara sekolah dengan puskesmas atau lintas sektoral. Alhamdulilah masyarakat disini juga saling mendukung,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menaruh harapan besar SMAN 1 Parung bisa menyabet juara 1 tingkat Provinsi sehingga sekolah di Kabupaten Bogor bisa membuktikan mencetak karakter generasi sehat secara berkelanjutan.(dyn/b/mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here