METROPOLITAN – Selama dua hari, siswa SMP Taruna Andigha digojlok dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), di salah satu resort outbound Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, akhir pekan lalu. Sekolah milik Yayasan Ibnu Hadjar itu ingin agar siswa punya jiwa dan karakter kepemimpinan yang mumpuni.KEPALA Sekolah SMP Taruna Andigha, Aldilah Rahman mengatakan, kegiatan kali ini merupakan yang ke-14 kalinya, sehingga termasuk agenda rutin tahunan sekolah.

Sebagai bagian dalam pembinaan siswa, khususnya murid yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). “Diadakan selama dua hari, 1-2 November lalu. Untuk tahun ini, LDKS diikuti 60 siswa, dari kelas 7 dan 8,” kata Aldi, sapaan karibnya kepada Metropolitan, kemarin (6/11). Tahun ini, sambung dia, LDKS mengusung konsep pelatihan kepemimpinan siswa yang berkarakter dan bewawasan kebangsaan dalam lingkup kedisipilan.

Lebih rinci, ada tujuh materi yang dipaparkan para pengajar
kepada siswa. Yakni, kepramukaan, kepemimpinan dan organisasi, dinamika kelompok, kedisiplinan, motivasi pelajar serta pelatihan jiwa enterpreneur. ”Semua itu, akan dibutuhkan siswa untuk segera diaplikasikan dalam membangun struktur organisasi di sekolah. Meskipun, tetap akan berada dalam bimbingan guru, agar hasilnya maskimal,” papar pria yang juga aktif berkecimpung di Yamaha Nmax Bogor Chapter itu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ibnu Hadjar, Andi Surya Wijaya menuturkan, sepatutnya setiap pelajar memiliki wawasan kebangsaan, yang dipadukan dengan kedisipinan belajar dalam menuntut ilmu. Apalagi, para pelajar merupakan cikal bakal calon pemimpin bangsa di masa depan. Maka, kata Politisi PPP ini, sejak dini harus ditanamkan nilai-nilai sosial, disamping pemenuhan kualitas akademik. “Sehingga akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tinggi nantinya,” tuntasnya. (ryn/b/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here