Tips Belanja Bulanan

by -2 views

 METROPOLITAN – Untuk mengelola keuangan ada bebe­rapa langkah yang harus dilaku­kan.

1.Tabung uang di awal gajian

Kita harus lakukan ini di awal bulan. Kita mendapat gaji fungsi­nya ditabung, untuk keperluan masa depan atau sebagai dana darurat.

  1. Membuat skala prioritas

Supaya kita tidak secara per­cuma mengeluarkan uang, bu­atlah skala prioritas untuk men­gontrol keuangan kita selama sebulan. Buatlah persentase sebagai berikut, misalnya saving & investment 40 persen disimpan dalam bentuk aset (cicilan rumah bisa saving) pokoknya untuk pembayaran yang sudah tetap. 50 persen digunakan untuk ke­butuhan sehari-hari, misalnya belanja bulanan, belanja sayur, dan keperluan lainnya. 10 persen untuk recharge diri intinya untuk have fun jalan-jalan ke mal, per­gi ke salon atau kegiatan yang intinya me time.

3.Buat tabungan rekening ter­pisah

Hal ini penting. Pisahkan uang direkening terpisah, sehingga tidak dicampur. Jadi dana tetap yang ditabung sudah aman dalam tabungan.

4.Konsisten mencatat peng­eluaran bulanan

Kadang terlupakan. Tanpa kita mencatat keuangan kita akan lupa uang untuk apa saja. Uang dikeluarkan terkadang buat kita kaget padahal tidak banyak beli sesuatu. Mencatat pengeluaran keuangan juga memiliki fungsi untuk mengontrol keuangan yang dikeluarkan. (net/suf/py)