METROPOLITAN – Nanggung , Jalan merupakan salah satu alat yang menjadi sarana vital bagi masyarakat, sehingga sangat memerlukan perhatian lebih dari pemerintah. Hal ini bisa menjadi tolok ukur tingkat kesejahteraan ekonomi di lingkungan masyarakat perdesaan maupun perkotaan. Semakin bagus jalan, semakin baik pula ekonomi masyarakatnya lantaran segala pasokan dan waktu tempuh bisa maksimal.

Salah satunya peningkatan Jalan Lingkar Cihiris, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, tepatnya di ruas Jalan JangkarPongkor. Jalan tersebut dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui kontraktor, PT Srikandi Mutiara Putri dan konsultan pengawas, PT Angelia Oerip Mandiri dengan panjang tiga kilometer. Pembangunan tersebut menelan anggaran hingga Rp2 miliar dan pengerjaannya mulai rampung dengan sistem betonisasi.

Warga sekitar, Sudin (32), mengaku bersyukur jalan di daerahnya kini sudah dibangun, sehingga akses masyarakat yang biasa bertani menjadi nyaman. “Dengan jalan mulus ini, pendapatan warga juga bisa bertambah karena bisa mengangkut hasi tani dengan cepat dan hemat,” katanya.

Sementara itu, pelaksana proyek, Koko Komaludin (45), menjelaskan, pengerjaan peningkatan Jalan Lingkar Cihiris telah selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan yakni dengan waktu pelaksanaan 120 hari kerja. “Kami minta kerja sama masyarakat sekitar agar perbaikan jalan bisa selesai sesuai target,” jelasnya.

Sejumlah ruas jalan yang rusak akibat kendaraan warga yang melintas, lanjut dia, kini sedang dalam perbaikan. ”Jalan seharusnya ditutup 28 hari agar kualitasnya maksimal. Sebab, kebutuhan warga terpaksa harus sudah digunakan lebih awal. Tapi, pemeliharaan tetap kami lakukan enam bulan ke depan,” imbuhnya. (kmg/b/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here