METROPOLITAN – Sebanyak 26 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) Bogor bertamu ke kantor Radar Bogor Group, akhir pekan lalu. Kunjungan mereka tak lain untuk mengetahui lebih jauh proses produksi media.

Dosen pembina mata kuliah FISIP Unida, Koesworo Setiawan, mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan agar mahasiswa tak hanya mengetahui produksi media secara teori, tapi juga melihat dan mendengar langsung dari praktisi media. “Syukur-syukur bisa melihat proses produksinya secara visual,” katanya.

Pertemuan tersebut berlangsung hangat dan komunikatif. Mereka (mahasiswa, red) diterima Pemimpin Redaksi Radar Bogor Aswan dan Pemimpin Redaksi pojoksatu.com M Ridwan. Aswan Achmad mengaku optimistis dengan perkembangan media cetak, khususnya di Kota Bogor. Meskipun era internet juga terus berkembang pesat. Salah satu dasar optimisme tersebut adalah tingginya kepercayaan publik kepada media cetak.

“Kami pernah membuat riset. Hasilnya, tingkat kepercayaan publik terhadap media cetak masih sangat tinggi. Meskipun masih di bawah cetak, media online kini terus meningkatkan kepercayaannya kepada publik,” katanya.

Selain itu, tambah dia, kondisi yang mendukung kelanjutan masa depan surat kabar adalah budaya komunal masyarakat. Di mana satu surat kabar bisa dibaca bergantian dalam satu kelompok masyarakat. “Kami optimistis masa depan surat kabar masih cukup baik,” ungkapnya.

Senada, M Ridwan menyatakan era kemajuan internet tak bisa dihindari. Inovasi aplikasi dan perangkat berbasis internet sangat membantu memenuhi kebutuhan seharihari masyarakat. Dalam sinergi antarmedia, media online dalam posisi memperkuat keberadaan media cetak. “Selain memberikan informasi dan mendapatkan pembaca yang banyak, tujuan media online sendiri adalah memperkuat media cetak,” paparnya.

Kegiatan ini pun disambut antusias para mahasiswa. Selain menambah pengetahuan, mahasiswa dari kampus yang juga jargon Kampus Bertauhid itu bisa melihat dapur redaksi media Radar Bogor dan jaringannya. “Senanglah bisa melihat langsung dapur redaksi media besar di Bogor,” terang perwakilan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unida semester 7, Nova Agnesha. (ryn/b/yok/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here