METROPOLITAN – Universitas Djuanda (Unida) Bogor menyelenggarakan wisuda ke-38 bagi ratusan mahasiswa dari tujuh fakultas dan pascasarjana di Brajamustika, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, kemarin.

Total ada 386 wisudawan yang terdiri dari 35 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 50 mahasiswa Falkutas Pertanian, 24 mahasiswa Fakultas Pangan Halal, 35 mahasiswa Fakultas Ekonomi, 41 mahasiswa Falkutas Hukum, 41 mahasiswa Falkutas Ekonomi Islam, 102 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, dan 14 pascasarjana.

Rektor Unida Bogor, Dede Kardaya, mengatakan, para lulusan harus mampu mengaplikasikan segala ilmu dan kompetensi yang sudah didapat untuk meningkatkan kualitas hidup individu ataupun masyarakat. Sesuai dengan visi misi kampus, yakni mengamalkan ilmu pengetahuan bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dengan konsep ketahuidan. “Lulusan sudah dibekali dengan komptensi hardskill dan softskill,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Dia berharap, dengan perkembangan edukasi industri 4.0, para lulusan bisa bersaing dalam pengembangan berbagai inovasi di masing-masing bidang keahlian. Dengan perubahan pola pendidikan tersebut, sudah seharusnya kampus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Diharapkan mereka memiliki kelebihan kompetensi, yang sejalan dengan perkembangan teknologi, dan kebutuhan saat ini,” ucap Dede.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unida, Denny Hernawan menuturkan, pada wisuda kali ini, FISIP meluluskan 35 sarjana, yang terdiri dari 17 Sarjana Administrasi Publik dan 18 Sarjana Ilmu Komunikasi. Dengan standar kompetensi lulusan yang ada pada kedua program studi tersebut, diharapkan mereka sudah memiliki kesiapan skill dan mental, untuk bersaing di lapangan kerja dan mengabdi kepada masyarakat.

 “Berdasarkan data yang ada, nilai rataan dari lulusan Fisip kali ini adalah 3,26. Untuk itu, FISIP punya keyakinan, Insya Allah lulusannya dapat bersaing di dunia kerja dan berkiprah di masyarakat,” papar Denny.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Wisuda, Masnur Mukmin menjelaskan, wisuda kali ke-38 ini diikuti 386 wisuawan dari tujuh fakultas dan pasca sarjana. Untuk tahun ini, rata-rata raihan IPK mahasiswa sebesar 3,45, dengan studi tercepat tiga tahun enam bulan satu hari. “IPK tertinggi diraih mahasiswa Falkutas Pertanian dengan poin akhir 3,92,” pungkasnya. (ryn/b/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here