80 Kepala Sekolah Swasta Digojlok

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 80 ke­pala SMP swasta di Kota Bogor mengik­uti pelatihan penguatan kepala sekolah (kepsek) di salah satu hotel kawasan Puncak, kemarin. Pelatihan penguatan yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Fahrudin ini dilakukan un­tuk memenuhi standar undang-undang.

Menurut Kepala Subbagian Umum Kepegawaian Disdik Kota Bogor, Ayub Cahyono, Diklat ini dapat terlaksana atas kerja sama Disdik dengan Lem­baga Pengembangan dan Pemberday­aan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia, dengan tujuan peningkatan kompe­tensi kapala sekolah di Kota Bogor.

Selama satu minggu, kepala sekolah digojlok melatih masing-masing agar memenuhi standar sesuai ketentuan perundang-undangan. “Ini dilakukan untuk meningkatan wawasan tentang tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dalam memimpin dan mengolah sa­tuan pendidikan,”tuturnya.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah yang me­miliki dimensi kompetensi minimal kepribadian, manajerial, kewirahusa­haan, supervisi dan sosial.

”Jadi, dasar pelaksanaan kegiatan ini ialah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 tahun 2017 tentang Standar Kepala Sekolah/Mad­rasah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Ke­pala Sekolah Peraturan Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Peng­awas Sekolah,” papar Ayub.

Sedangkan jumlah peserta pelatihan ini dibagi dua angkatan. Angkatan per­tama 40 orang dan angkatan kedua, diikuti 40 orang dari perguruan PGRI Kota Bogor. Mereka merupakan ke­pala SMP dan SMA/SMK swasta yang ada di Kota Bogor. (tur/ar/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *