METROPOLITAN – Daftar pemilih di Kabupaten Bogor masih berantakan. Buktinya, jelang penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP-2), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor mencatat masih ada warga yang belum masuk daftar pemilih. Selain itu, ada juga data pemilih yang diperkirakan ganda dan tidak valid.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Burhanudin mengatakan, sejauh ini, temuan tersebut ada di Kecamatan Cijeruk dan Ciseeng. Untuk di Cijeruk, ada sembilan warga yang tercatat belum masuk daftar pemilih. “Di lapangan juga masih ada temuan warga yang belum masuk DPT seperti di Cijeruk dan Ciseeng. Kalau di Cijeruk ada sembilan yang belum masuk,” kata lelaki yang akrab disapa Burhan.

Sementara di Kecamatan Ciseeng, ada 158 data pemilih yang terindikasi ganda dan 123 pemilih yang namanya ada kesamaan. Selain itu, ada 13 warga yang belum 17 tahun namun tercatat di daftar pemilih. “Kalau di Ciseeng ada beberapa data terindikasi ganda. Seperti misalkan ada yang belum 17 tahun masuk DPT, terus ada yang tanggal lahir sama, ini terindikasi ganda, ada yang tanggal lahirnya kosong juga. Kalau yang ganda ada 158, belum 17 tahun ada 13, nama sama 123,” terangnya.

Untuk itu, Burhan berharap ada koordinasi dulu sebelum penetapan DPT yang dijadwalkan mulai 5 sampai 10 Desember 2018. Tahapan koordinasi ini bisa menjadi bahan evaluasi bersama atas temuan-temuan data pemilih yang masih bermasalah. “Di situ bisa kita sinkronkan data-data yang kemungkinan tidak valid. Kita cek dulu kira-kira data ini sudah valid apa belum dan apakah rekomendasi kami sebelumnya sudah ditindaklanjuti. Kalau ada rakor kan permasalahan seperti ini bisa disampaikan,” ujar Burhan.

Meski demikian, setelah pleno DPTHP-2 masih memungkinkan perbaikan daftar pemilih. Warga yang belum masuk daftar pemilih masih bisa dimasukan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK). “Ada tahapan perbaikan, nanti juga ada DPTb dan DPK. Yang jelas Bawaslu Kabupaten Bogor akan terus mengawal daftar pemilih ini,” pungkasnya. (fin/c/els/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here