H. DENNY MULYADI, SE

Metropolitan.id – Sebagai Kota penyangga ibukota dengan jarak yang sangat dekat dengan DKI Jakarta dan Kota Bandung sebagai Ibukota Provinsi Jawa Barat serta dengan adanya Istana Bogor yang saat ini menjadi hunian Presiden Republik Indonesia dan sering menjadi tempat pelaksanaan kegiatan kenegaraan, Kota Bogor merupakan Kota yang penting dan strategis. dengan dinamika H. DENNY MULYADI, SE kehidupan masyarakat yang bergerak dinamis sesuai kebutuhannya tentu menciptakan potensi yang luas dan beragam dalam peluang pengembangan dan pembangunan Kota Bogor ke depan.

Peningkatan investasi tentu menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan berbagai potensi tersebut. Beberapa tahun terakhir per kembangan pembangunan di Kota Bogor sangatlah pesat, salah satu indikatornya adalah dengan semakin tingginya minat pembangunan baik di sektor properti, sentra bisnis maupun pusat pertokoan dan perbelanjaan.

Potensi investasi di sektor properti masih cukup luas khususnya di bidang pengembangan permukiman vertikal. Masih banyak sektor usaha yang potensial yang dapat dikembangkan di Kota Bogor antara lain perdagangan dan jasa, agribisnis, pengelolaan sampah, pengolahan air bersih, industri ramah lingkungan, sektor keuangan serta pariwisata seperti wisata belanja dan kuliner. Berbagai potensi investasi itu tentu menanti peran aktif para investor. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor sebagai salah satu organisasi perangkat daerah yang memiliki Visi : Terwujudnya Pelayanan Publik yang Transparan, Akuntabel, Dan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Misi : 1. 2. 3. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Meningkatkan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan. Menciptakan Iklim Investasi yang Kondusif. Serta memiliki Motto SMART (Sederhana, Mudah, Akuntable, Ramah dan Transparan).

Tentu memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan nilai realisasi Investasi bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor. Sampai dengan Triwulan III Tahun 2018 jumlah realisasi Investasi Kota Bogor mencapai Rp. 3.006.794.375.936,- atau telah melebihi dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 2.400.000.000.000,- dengan kontribusi realisasi investasi dari sektor tersier Rp. 2.972.905.596.467,56, untuk sektor sekunder Rp. 33.853.936.469,- dan sektor primer Rp. 34.840.000,- Dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi para investor maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan perizinan di Kota Bogor.

Berdasarkan Peraturan Walikota Bogor No. 70 Tahun 2018 tentang Pelimpahan Kewenangan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor terdapat 89 Jenis Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan yang dikelola oleh DPMPTSP Kota Bogor dengan 72 Jenis pelayanan perizinan dan non perizinan yang telah dapat dilakukan melalui sistem online.Pencapaian ini tentu saja melalui proses berjenjang yang telah dilakukan mulai di tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 . Dalam perkembangannya pelayanan perizinan pada DPMPTSP Kota Bogor khususnya melalui penerapan sistem pelayanan perizinan secara elektronik tidak luput dari dukungan pada sumber daya pelayanan secara elektronik 1. 2. 3. 4. Regulasi Komitmen Konsistensi serta Jaringan Infrastruktur dan Aplikasi

INOVASI YANG DILAKSANAKAN TAHUN 2018​

Seiring dengan tingginya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang mudah dan cepat khususnya pada pelayanan perizinan dan non perizinan di Kota Bogor, menjadikan DPMPTSP Kota Bogor terus melakukan berbagai langkah dan upaya inovasi dalam mewujudkan sistem pelayanan perizinan yang diinginkan oleh masyarakat, terdapat beberapa Inovasi yang dilakukan oleh DPMPTSP Kota Bogor selama tahun 2018 antara lain : INOVASI YANG DILAKSANAKAN TAHUN 2018 1. 2. 3. Pelayanan Perizinan Izin Cetak Mandiri, merupakan inovasi lanjutan yang dikembangkan sebagai salah satu layanan kemudahan masyarakat menerima produk perizinan. Pengembangan sistem Android SIAP SMART sebagai salah satu layanan kemudahan bagi pengguna android dalam mengakses seluruh jenis pelayanan perizinan. Penambahan jumlah pelayanan perizinan yang menggunakan sistem online dari jumlah 89 Jenis palayanan yang di limpahkan kepada DPMPTSP Kota Bogor, 72 jenis pelayanan telah menggunakan sistem online.

PENILAIAN DAN PENGHARGAAN​

Sebagai bentuk apresiasi atas berbagai pencapaian baik program, kegiatan serta inovasi yang telah dilakukan pada tahun 2018 ini DPMPTSP Kota Bogor telah menerima beberapa penilaian dan penghargaan antara lain : PENILAIAN DAN PENGHARGAAN 1. 2. 3. 4. Penghargaan dengan kategori DPMPTSP terbaik ke-2 se Jawa Barat kategori Kota yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan Aplikasi SMART DPMPTSP Kota Bogor sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB RI. Penilaian oleh Ombudsman RI sebagai unit pelayanan dengan nilai akhir 98 (sangat baik). Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) pada tahun 2018, DPMPTSP Kota Bogor meraih nilai sebesar 84,67 dengan mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan Baik, nilai ini merupakan peningkatan dari nilai yang diperoleh tahun 2017 lalu yaitu sebesar 73,53.

PELAKSANAAN ONLINE SINGLE SUBMUSSION (OSS) DI KOTA BOGOR

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang saat ini telah diberlakukan oleh seluruh Daerah di Indonesia dalam menyikapi PP tersebut DPMPTSP Kota Bogor telah sejak awal mengadopsi OSS melalui beberapa langkah antara lain : 1. 2. 3. 4. Pencantuman Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai salah satu syarat dalam perizinan berusaha yang dikelola oleh DPMPTSPKota Bogor. Membantu pemohon yang akan membuat NIB dengan membuka Help Desk secara khusus pada layanan perizinan di DPMPTSPKota Bogor. Pembaharuan dan penyempurnaan sistem pelayanan perizinan pada DPMPTSP Kota Bogor (SMARTV2) untuk dapat berintegrasi dengan sistem OSS. Saat ini sudah dilaksanakan proses integrasi antara sistem OSS dengan aplikasi DPMPTSP Kota Bogor (SMART V2) melalui aplikasi MANTRA.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here