METROPOLITAN – Sejumlah ruang Kelas SMP Negeri 14 Kota Bogor, di Jalan Sindang Barang Jero-Situ Gede No.6, Kelurahan Situ Gede Kecamatan Kota Bogor Barat, ’disulap’ dengan keberagaman dan kehidupan masyarakat Jawa Barat, Rabu kemarin.

Berubahnya ruang kelas itu,ternyata hasil karya dari para siswa Kelas IX, SMP Negeri 14, dalam acara pameran sehari ’Budaya Daerah Jawa Barat’, yang dibuka Pengawas Pem­bina SMP. H. Sueb dan didampingi Kepala SMPN 14, Ajat Sudrajat.

Pameran yang sudah ke empat kali dilaksanakan tiap tahun itu ber­tujuan, untuk melestarikan budaya Jawa Barat, pada khususnya.

 Setiap kelas, menampilkan berba­gai bacam unsur budaya khas di daerah Jawa Barat, mulai dari ke­hidupan sehari-hari, makanan khas, tempat-tempat wisata, hingga aca­ra dan rumah adat ditampilkan.

Sebelum pengunjung memasuki ruang pamer, para siswa terlebih da­hulu memperkenalkan hasil karyanya masing-masing. Menurut Pengawas Pembina SMP Negeri 14 Kota Bogor H.

Sueb, pameran kehidupan masy­arakat Sunda ini merupakan salah satu kegiatan yang mendorong siswa untuk mengenal kebudayaan Sunda serta dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya leluhurnya.

 ”Saya mengapresiasi kegiatan ini. Karena, pagelaran ini dapat mening­katkan kecintaan siswa terhadap budaya leluhurnya. Bahkan, saya bangga dengan SMPN 14.

Sebab, salah satu sekolah yang aktif dan kreatif dalam bidang seni dan budaya. Jadi, pendidikan menengah tidak hanya belajar dari sisi akademik, akan tetapi punya keunikan,” ujarnya, kepada Metropolitan.

Sementara itu, Kepala SMPN 14 Kota Bogor, Ajat Sudrajat berharap kegiatan ini bisa mengingatkan ge­nerasi muda terus mencintai warisan leluhur. (tur/ar/feb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here