METROPOLITAN –  Ujang Sugandi, anggota DPRD Kota Bogor dua periode. Selama pengabdiannya, bapak dua anak ini merasa bangga saat bisa bermanfaat untuk masyarakat. Karena, prinsip hidupnya adalah, anggota dewan akan terhormat apabila tenaga dan pikirannya bermanfaat untuk masyarakat banyak. Lantas seperti apa kisah perjalanan karirnya? Berikut wawancara Harian Metropolitan bersama suami Yuli Sulastri:

 Sejak kapan Anda dilantik men­jadi anggota DRPD?

Saya dilantik sejak tahun 2009 atau masa periode 2009-2014. Kemudian, dipercaya kembali pada masa perio­de 2014-2019.

Apa yang melatarbelakangi Anda pada saat itu mau mencalonkan diri sebagai wakil rakyat?

Alasan utama saya adalah ingin be­lajar menjadi wakil rakyat atau yang mewakili masyarakat di parlemen.

Setelah menjadi wakil rakyat apa yang Anda lakukan?

Dengan terpilih dan dipercayanya saya menjadi wakil rakyat, prinsip pembelajaran itu saya tanamkan. Saya ingin pengabdian ini dapat berman­faat untuk masyarakat.

Lalu, hal seperti apa yang ingin Anda perjuangkan?

Paling utama yang ingin saya per­juangkan adalah pemberian dana RTLH untuk warga tidak mampu dan dana hibah untuk sarana ibadah. Alhamdulilah kedua hal ini sejak periode pertama saya menjabat su­dah berjalan atau bisa dirasakan masyarakat, khususnya di Dapil Bo­gor Timur.

Untuk selebihnya lebih kepada pengawasan terhadap kinerja Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor dan menjembatani aspirasi ma­syarakat khususnya dalam bidang sosial lainnya.

Selama menjadi anggota dewan, adakah pengalaman menarik yang Anda rasakan?

Banyak sekali. Salah satunya adalah waktu bekerja saya ini tidak mengenal waktu. Karena, tengah malam pun kita dituntut harus siap melayani ma­syarakat. Bagi saya ini sangat luar biasa dan saya terus berupaya sekuat tenaga untuk bisa hadir melayani ma­syarakat.

Saya sendiri memiliki prinsip, de­wan yang terhormat itu ketika te­naga dan pikirannya bermanfaat untuk masyarakat. Nah, mudah-mudahan selama kepemimpinan saya ini, kinerja saya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Lantas, fokus Anda saat ini seperti apa?

Tentunya saya menjalankan kinerja sebagai ke dewanan dan konsen­trasi ter­hadap pen­calonan. K a r e n a , saya kembali mencalonkan diri di Pileg 2019 Kota Bogor.

 Apa alasan Anda mencalonkan diri kembali?

Saya mencalonkan diri di Pileg 2019 karena ada kesempatan, dalam hal ini umur dan partai memperboleh­kan. Tapi, yang paling utama adalah masih banyak tugas di masyarakat yang belum di selesaikan dan saya ingin menjembataninya. Karena, tidak dipungkiri masih ada saja keluhan yang dirasakan masyarakat. Intinya saya ingin terus dekat dengan masyarakat.(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here