METROPOLITAN – DRAMAGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menargetkan pembangunan Jalan Lingkar Dra­maga (JLD) Seksi II rampung tahun ini. Target tersebut menjadi harga mati pemkab untuk mengurai kema­cetan di Jalan Raya Dramaga.

”Pengerjaan sudah sampai 95,70 persen. Tinggal nunggu beton keras. Tahun ini selesai. Secara umum sudah bisa dilalui,” ujar Kepala Unit Pelaks­ana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah Ciomas, Asep Suryana.

Menurut Asep, JLD dibangun untuk mengurangi kemacetan di Jalan Raya Dramaga yang semakin runyam. Tahun ini, Pemkab Bogor mengalokasikan dana hingga Rp47 miliar lewat APBD untuk tiga seksi. Seksi I dengan panjang 1,15 kilometer menelan anggaran Rp15,76 miliar dan dikerjakan PT Ke­mang Bangun Persada. Sementara seksi II sepanjang 2,12 kilometer me­nelan anggaran Rp18,67 miliar yang dikerjakan PT Bumi Lingkar Selatan.

Satu seksi pembangunan lagi yakni Jembatan Ciapus sepanjang 30 meter dan lebar 13 meter dianggarkan Rp12,6 miliar yang dikerjakan PT Yasuba Dwi Perkasa. Menurut Asep, untuk progres pembangunan Seksi I JLD telah men­capai 82,82 persen dan Jembatan Ciapus hampir rampung karena pe­kerjaan sudah 98 persen. ”Seksi I JLD tahun depan beton konstruksinya dilanjut lagi,” ungkap Asep.

Sekadar diketahui, JLD dibangun mulai dari Terminal Laladon hingga Duta Berlian Dramaga dengan panjang total 3,7 kilometer dan lebar 15 meter. Hambatan yang dihadapi yakni tanah yang kerap basah karena sering di­guyur hujan. (kmg/b/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here