Kenali Gejala Kanker Usus Perut Sering Sembelit

by -

METROPOLITAN –Kanker usus jadi sorotan di dunia. Sebab, penya­kit ini masuk urutan kedua yang menyebabkan angka kematian.

Menurut konsultan kesehatan pen­cernaan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, kanker usus besar merupakan jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pen­cernaaan manusia.

Penyakit kanker usus ini sangat umum diderita se­gala usia, terutama yang berusia 50 tahun ke atas.

”Risiko untuk berkembangnya suatu kanker usus besar itu hampir dua kali pada pasien-pasien yang mengalami susah buang air besar,” tutur dr Ari di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Sa­lemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12).

Dokter yang juga dekan FKUI ini mengatakan, sebagian besar pen­derita kanker usus besar biasanya merasakan gejala yang mirip se­perti ambeien, seperti mengalami pendarahan saat buang air besar. Oleh karena itu, sulit buang air besar perlu diwaspadai.

Dalam sebuah acara seminar kanker usus, dr Ari menjelaskan bahwa kanker usus juga memiliki beberapa gejala lain yang perlu diperhatikan, seperti pola buang air besar yang berubah baik, mu­dah sembelit atau diare, sakit perut berulang, berat badan men­urun, pucat tanpa sebab jelas dan terdapat benjolan dalam perut. (*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *