METROPOLITAN – Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menerima Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI yang dipimpin Ketua Tim Anas Tahir dari Fraksi PPP di Pendopo Su­kabumi, kemarin. Para wakil rakyat ini datang meninjau destinasi Pariwi­sata dan Ekonomi Kreatif di Kabupa­ten dan Kota Sukabumi.

Anas Tahir mengatakan, peng­embangan pariwisata diarahkan di pusat-pusat pertumbuhan baru dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi. Ada lima program prioritas yang difokuskan untuk memperuntuk mendorong investasi cepat pembangunan pusat-pusat pertumbuhan melalui pengembangan tiga kawasan pariwisata, pengembangan lima Kawasan Ekonomi Khu­sus (KEK), pengembangan tiga kawasan industri, perbai­kan iklim investasi dan pen­ciptaan lapangan kerja dan pengembangan ekspor barang dan jasa. ­

“Kami ingin mendapatkan data dan fakta secara langsung mengenai perkembangan pa­riwisata dan pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten dan Kota Sukabumi, khusus­nya mengenai infrastruktur pariwisata dan ekonomi kre­atif serta sistem pendanaan­nya,” katanya.

Sementara itu, Adjo menga­ku kebijakan bebas kunjung­an visa berdampak positif terhadap Kabupaten Suka­bumi, baik itu untuk pemerin­tah daerah dengan adanya PAD dan pajak sektor pariwi­sata. Selain itu, masyarakat bisa meningkatkan pendapa­tan dengan adanya homestay, perajin cenderamata dan kuliner serta pemangku ke­pentingan pariwisata lainnya.

“Hal ini didukung dengan kondisi kualitas dan infra­struktur penunjang pariwi­sata dan ekonomi kreatif yang 75 persen sudah baik serta telah disiapkannya konsep rencana tata ruang dan pena­taan landscape agar peng­embangan destinasi pariwi­sata tidak menimbulkan permasalahan,” pungkasnya. (hep/els/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here