METROPOLITAN – Pemerintah Desa Kertajaya, Kecamatan Rumpin, terus meningkatkan kapasitas parakader posyandu. Peningkatan kaderkader kesehatan ini dilakukan agar masyarakat bisa hidup sehat.

Tak hanyameningkatkan kemampuan para kader posyandu, pemerintah desa juga ikut meningkatkan kemampuan masyarakatnya di bidang pertanian. Dengan modal lahan seluas 44,3 hektare ini bisa menjadi modal utamapemerintah desa untuk meningkatkan sektor pertanian masyarakat di Desa Kertajaya.

Kaur Kesra Desa Kertajaya Iip Saeupudin mengatakan, di desanya terdiri dari sebelas kelompok posyandu yang sudah aktif. Namun untuk pelayanan di setiap posyandu masih belum maksimal. “Semua ini karena keterbatasan lahan dan anggaran. Karena itu kita akan mengoptimalkan sektor perekonomian,”kata Iip saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, di Desa Kertajaya ada tiga kelompok tani yang saat ini terus berjalan. Dan dengan modal lahan yang luas, semua ini bisa semakin menjadikan masyarakat  perekonomian di Desa Kertajaya meningkat dengan hasil pertaniannya.

“Mayoritas warga di sini selain petani juga bekerja menjadi karyawan swasta, buruh lepas hingga pedagang,”bebernya. Desa Kertajaya, sambung Iip, jumlah penduduknya sekitar 6.626 jiwa dan Kepala Keluarga 1.748.(mul/b/yok/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here