METROPOLITAN – Perusa­haan Daerah (PD) Pesona Pari­wisata Kabupaten Sukabumi merubah status perusahaannya. Awal mula berdiri dengan status PD kini menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Pe­rubahan ini pun dinilai Panitia

Kabupaten Sukabumi meruKhusus (Pansus) VII DPRD pakan amanat peraturan pe­rundang-undangan. Sebab, dari pasal dan ayat yang ter­muat dalam Raperda tersebut mengadop dari aturan perun­dang-undangan yang lebih tinggi.­

“Jadi Pasal dan ayat yang ter­muat dalam Raperda ini menga­dop dari aturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Raperda tersebut telah difasi­litasi oleh Gubernur dengan penyempurnaanya telah dila­kukan bersama oleh Pansus Vll dan Pemerintah daerah,” kata anggota Pansus Perumda PP, M Sodikin saat menyampaikan laporan akhir Pansus VII baru-baru ini di rapat paripurna ke-31 di gedung utama DPRD Kabupaten Sukabumi.

Raperda ini, lajut ketua Ko­misi III DPRD ini, telah dila­kukan pembahasan dan kajian bersama dengan tahapan dan mekanisme sesuai aturan. sehingga secara formal ma­terial Raperda tersebut dapat disepakati dan ditetapkan menjadi Perda yang definitif.

Dikatakan Sodikin, Perumda PP tidak dimaknai perubahan nama dari PD menjadi Perum­da, akan tetapi perlu dimaknai sebagai penyesuian ketentuan peraturan perundang-undan­gan dengan subtansi Pasal. “Ada beberapa pengaturan Perum­da PP yang telah disesuaikan dengan aturan perundang-undangan lainnya dengan kondisi kebutuhan daerah serta kondisi Perumda itu sen­diri,” ucapnya.

Kedepan, sambungnya, ke­beradaan Perumda PP sesuai dengan tujuan dan fungsinya, untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan perekono­mian daerah, peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kontribusi bagi PAD dapat terwujud. “Un­tuk itu, tata kelola manajerial dan SDM Perumda PP agar lurus dikembangkan menuju enter­preuneurship yang professional,” harapnya.

Tak hanya itu, Perumda PP juga diharapkan bisa terus melakukan kinerja yang lebih kreatif dan menjadi tantangan peluang sebagai terobosan inovatif dalam meningkatkan pelayanan pariwisata dan peng­elolaan pariwisata di Kabupa­ten Sukabumi agar menjadi Perumda yang berkembang dan mandiri, karena usaha yang dilakukan Perumda Pesona Pariwisata merupakan suluh satu usaha jasa.

“Diera digital saat ini, harus dijadikan peluang dalam mem­beri promosi pariwisata yang tanpa batas ke seluruh masy­arakat baik domestic maupun internasional, supaya desti­nasi pariwisata Kabupaten Sukabumi lebih dikenal untuk dikunjungi,” ujarnya.(ade/rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here