METROPOLITAN – Ada aturan baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Rencananya, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), setiap sekolah akan punya tugas baru dalam menjaring calon siswa baru.

Kepala Subbagian Perencanaan Pelaporan (Kasubbag Renlap) Di­nas Pendidikan Kota Bogor, Jajang Koswara, mengatakan, Permen­dikbud tersebut segera terbit bulan ini. “Insya Allah Permendikbud PPDB 2019 ini akan terbit pada Desember tahun ini.

Provinsi/ Kota/Kabupaten mulai awal Ja­nuari 2019 harus mulai disosiali­sasikan kepada masyarakat luas,” ungkapnya. Menurut dia, penerapan sistem zonasi mewajibkan guru aktif mendatangi setiap keluarga yang memiliki anak usia sekolah.

Sebab, pada tahun ajaran baru 2019, pro­ses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tak akan digelar seperti biasa dengan membuka pendaf­taran di masing-masing sekolah. Kepala sekolah dan guru harus mulai mendata jumlah calon siswa di setiap zona sejak Janua­ri 2019.

 ”Kita balik, kalau dulu sekolah menunggu siswa datang mendaf­tarkan diri. Mulai tahun depan, sekolah aktif mendatangi keluarga yang punya anak usia sekolah un­tuk masuk sekolah bersama aparat daerah.

Yang tidak mau di sekolah harus dicarikan alternatif yaitu pendidikan kesetaraan. Sehingga tak boleh lagi anak usia wajib belajar 12 tahun yang tidak belajar,”bebernya. (van/ar/feb/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here