METROPOLITAN – Warga wilayah Bogor Utara, Kabupaten Bogor, nam­pak emosi saat berkendara melin­tasi Jalan Tajurhalang menuju Bo­jonggede. Sebab, jalan yang saat ini tengah diperbaiki itu berhenti be­gitu saja. PT Artha Guna Mandiri selaku pemborong tak lagi melaku­kan aktivitas pembangunan.

Sekadar diketahui, proyek ini me­nelan anggaran sebesar Rp2,3 mi­liar dari APBD Kabupaten Bogor 2018. Pembangunan sudah diker­jakan sejak 29 Agustus dengan masa pekerjaan 90 hari. Namun dari hasil pantauan, pengerjaan jalan diperkirakan baru mencapai 20 persen. “Lihat saja sendiri. Pa­ling cuma 20 persen,” kata warga sekitar, Asan.

Menurut dia, bukan soal ketidakbe­cusan pemborong dalam menyele­saikan pekerjaan saja yang jadi kelu­han masyarakat. Akses warga pun jadi terhambat. “Kita jadi repot ke mana-mana, karena pekerjaan beton berhenti. Coba gimana kita mau lewat kalau berkendara,” katanya.

Dia menambahkan, selama ini para pengendara harus memutar jauh jika ingin menuju Bojonggede atau wilayah lain di seputar pemda. Bahkan, banyak pengguna jalan yang harus putar balik karena tidak tahu akses lain jika mau menuju Tajur­halang atau sebaliknya.

Untuk itu, ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bisa menyelesaikan persoalan ini sece­patnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Usep, menuturkan, sejak awal pengerjaan betonisasi ini sudah tidak beres. “Dulu antara bikin pon­dasi sampai beton saja lama banget, 20 harian. Sekarang jadi repot. Be­gitu dibeton sedikit terus berhenti, jalanan jadi buntu nggak bisa ke mana mana,” katanya, seraya ber­harap pemda harus campur tangan menyelesaikan persoalan ini. Sebab, aktivitas warga saat ini benar-benar terganggu.

Menanggapi hal itu, Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah Cibinong, Agus Sukwanto, mengatakan, benar jika pembangunan sudah habis se­jak 26 November. Akan tetapi, pembangunan tetap dilanjutkan dengan catatan kena penalti atau denda. “Kalau progres-nya sudah 71 persen. Sisanya tinggal 360 me­ter lagi,” kata lelaki yang akrab dis­apa Agus Apuy itu.(khr/b/rez/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here