METROPOLITAN – Pemerintah pusat segera mengucurkan dana kelurahan sebesar Rp3 triliun ke seluruh kelurahan di Indonesia pada 2019. Sayangnya, masih banyak kelurahan di Kota Bogor yang belum mengetahui mekanisme dana kelurahan.

Lurah Sempur, Rena da Frana, mengaku belum mengetahui secara detail juklak-juknis penggunaan anggaran dana kelurahan. Sebab, pemkot sendiri belum memberikan informasi apa pun terkait hal itu kepada jajaran di tingkat kelurahan. ”Regulasi pengalokasian dana kelurahan dan juklak-juknis penggunaan anggaran sepertinya masih dibahas di kementerian keuangan dan kemendagri, karena belum ada info dari pemkot,” ujarnya.

Rena menambahkan, untuk kebutuhan anggaran Kelurahan Sempur tidak terlalu urgen, tidak seperti kelurahan di wilayah Selatan. Sedangkan di Kelurahan Sempur masuk ke perkotaan dengan kondisi sarpras yang sudah baik. ”Jika anggaran tersebut digelontorkan, paling digunakan untuk perbaikan drainase dan pembangunan TPT,” katanya.

Hal senada diungkapkan Lurah Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Agus Sapsilo. Ia belum mengetahui secara detail regulasi dana kelurahan, karena dari pemkot belum ada sosialisasi juklak- juklisnya. Akan tetapi dengan direalisasikan dana kelurahan oleh presiden, tentu dirinya bersyukur. Sebab, setiap usulan pembangunan di wilayah yang diajukan lewat musrenbang tidak semua bisa terealisasi. Sebab, ketika dana kelurahan tersebut dikucurkan ke kelurahan bisa mencover kebutuhan itu.“Pentingnya juklakjuklis agar anggaranya tidak tumpang tindih. Termasuk mekanisme pelaporannya,” katanya.

Jika Januari 2019 dana kelurahan teralisasi, sambung dia, pihak kelurahan bakal mengandeng LPM, BKM dan unsur perangkat wilayah dalam merealisasikan program teesebut.

”Saya belum mendapatkan juklak juklis tentang dana kelurahan dari pemkot. Nanti pasti ada sosialisasi dari pemkot tentang mekanisme dana desa, termasuk pelaporannya,” bebernya.

Sebelumnya, karena banyak kelurahan yang minta diubah statusnya menjadi desa karena tidak kebagian dana desa, akhirnya Presiden Joko Widodo bakal meralisasikan anggaran sebesar Rp3 triliun tahun depan untuk kebutuhan dana kelurahan.(ads/b/yok/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here