METROPOLITAN –   Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) Sukabumi pada tahun depan sebesar Rp2.331.752,50. Jumlah ini meningkat hanya sebesar Rp173 ribu dari UMK sebelumnya di 2018 sebesar Rp2.158.430,53.

PLT Disnakertrans Kota Sukabumi Iyan Damayanti mengatakan, surat keputusan dari gubernur Jabar menge­nai penetapan UMK 2019 sudah turun sejak 21 November. Aturan atau surat keputusan mengenai UMK baru ini akan diberlakukan per awal tahun nanti.

“SK gubernurnya cepat, makanya kita juga cepat melakukan sosialisasi terhadap perusahaan,” kata Iyan di hadapan para pelaku usaha dalam kegiatan diseminasi UMK 2019 di kantornya, Rabu (5/12).

Menurutnya, kenaikan ini sudah sesuai surat edaran dari Kementerian Tenaga Kerja. Yakni rumusan peng­hitungan didasarkan pada UMP tahun berjalan dikalikan angka inflasi dan pertumbu­han ekonomi nasional. ”Ke­naikannya kan 8,03 persen,” ucapnya.

Ia menuturkan, sejauh ini sejak pengusulan sampai turun­nya keputusan UMK tersebut, belum ditemukan atau ada perusahaan yang merasa ke­beratan dengan UMK baru. Namun jika memang ada pe­rusahaan yang merasa kebera­tan dengan surat UMK terbaru, pihaknya mempersilakan pe­rusahaan itu mengajukan ban­ding. Apalagi terdapat prosedur dan aturan banding.

”Silakan bagi perusahaan yang keberatan terkait UMK 2019 untuk banding. Tapi ajuan ban­ding itu langsung kepada gu­bernur Jabar. Sebab penetapan UMK tersebut dilakukan gu­bernur, bukan ke Pemkot Su­kabumi,” imbuhnya.

Meskipun hingga kini tidak ada perusahaan yang keberatan terkait UMK 2019, tutur Iyan, tidak menutup kemungkinan adanya perusahaan yang ke­beratan. Biasanya yang sering keberatan yakni perusahaan di sektor industri. Sedangkan untuk perusahaan lainnya ter­golong aman.

”Kalau perusahaan sektor industri kan karyawannya cu­kup banyak, makanya naik sedikit pun secara otomatis akan berpengaruh besar. Ma­kanya sering terjadi keberatan. Tapi kalau perusahaan lain, kebanyakan gajinya di atas UMK. Semisal retail dan rumah sakit,” ujarnya. (ner/rez/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here