METROPOLITAN – SMK Tunas Bangsa Sejahtera (TBS) di Jalan Raya Cifor, Kekurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Batat, Kota Bo­gor, mulai menerapkan ujiian akhir semester (UAS) ganjil berbasis komputer, kemarin.

Kepala SMK TBS, Sumarna mengatakan, ke­giatan ini dilakukan untuk me­latih siswa, khususnya Kelas XII dalam menghadapi ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun mendatang.

“Selain itu, untuk menumbuhkan sikap dan minaat belajar dalam mempersiapkan diri mereka dengan baik.

Sehingga, nantinya tidak terdengar lagi iming-iming ‘kun­ci jawaban’ yang dengan mudah didapat,”tutur Sumarna.

Menurutnya, ujian berbasis kom­puter ini juga akan mendorong siswa memiliki sikap disiplin ter­hadap diri dan waktu. “Para siswa akan berusaha untuk belajar. Jadi, 138 siswa yang ada di sekolah ini ‘dipaksa’ untuk disiplin hadir se­suai dengan sesi ujiannya dan tidak boleh terlambat, ”bebernya.

 Menurut Sunarna, pelaksanaan UAS ganjil dengan sistem Com­puter Based Test (CBT) dilakukan di sekokah ini, agar para siswa mampu menempatkan dirinya sebagai pelaku teknologi yang bermanfaat.

Dimana, peserta di­dik dihadapkan pada kemam­puan untuk mengoperasikan perangkat komputer dan mengap­likasikan pengetahuan belajar TIK mereka selama ini. (tur/ar/feb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here