METROPOLITAN – Jembatan Cileleuy yang menghubungkan Kecamatan Parungkuda dengan Ciambar kini diresmikan. Peresmian itu dilakukan langsung Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada Kamis (10/1). Hal tersebut membuat warga gembira karena akses antar-dua kecamatan tersebut kembali terhubung.

”Alhamdulillah, jembatan yang awalnya pernah ambruk dan sempat menjadi viral hingga menjadi perbincangan bagi para warganet di dunia maya kini sudah selesai dibangun dan sudah bisa digunakan,” kata Marwan saat ditemui usai peresmian. Menurut Marwan, ketika jembatan ambruk, dulu masyarakat harus berputar melewati Pasar Parungkuda atau lewat Cipamulaan atau juga lewat Cicurug Mangunjaya. ”Ketika ambruk memang ada jembatan sementara tapi hanya bisa digunakan terbatas. Dan Alhamdulillah sekarang sudah dibangun jembatan baru dan masyarakat bisa mempergunakannya lagi untuk aktivitas,” ungkap Marwan.

Bupati berharap jembatan yang dibangun menggunakan dana APBD itu bisa termanfaatkan dengan baik. Jembatan merupakan akses atau infrastruktur penunjang ekonomi, Ciambar ini ditetapkan sebagai daerah industri.

”Kami harap akses jalan yang dilalui ke wilayah Ciambar bisa diperbesar sebagai akses lanjutan dan masyarakat Ciambar harus memiliki keterwakilan dalam perumusan pembangunan dalam tahap musrenbang baik dari desa, kecamatan dan kabupaten” jelasnya.

Marwan mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas yang telah terbangun sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. ”Mari jaga bersama fasilitas yang sudah ada, semoga jembatan ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua. Mari ngahiji untuk merencanakan pembangunan Insya Allah menjadi maslahat,” pugkasnya.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Ace, mengaku berterima kasih kepada pemerintah yang telah membangun jemabatan baru penghubung Ciambar dengan Parungkuda. ”Dulu ketika jembatan ini ambruk semua kendaraan tidak bisa melintas, dan membuat warga Ciambar kesulitan di akses infrastruktur,” ungkapnya.

Saat itu, memang ada jembatan alternatif. Namun itu hanya bisa dilalui dengan sangat terbatas. Seperti hanya bisa dilalui mobil engkel saja. ”Tapi Alhamdulillah sekarang sudah dibangun dan aktivitas masyarakat kembali lancar,” ungkapnya. (kng/ade/ mam/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here