Budaya Gotong-Royong Terjaga Baik Di Neglasari, Bangun TPT Dan Cor Jaldes

by -

METROPOLITAN – Budaya gotong-royong masih melekat di Desa Negla­sari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Hal itu ditunjukkan saat ma­syarakat membangun infrastruktur, belum lama ini.

Kepala Desa (Kades) Neglasari Yayan Mulyana mengaku bersyukur atas kekompakan yang hingga kini ter­jaga dengan baik. Sehingga bisa mem­percepat tempo pelaksanaan kegia­tan yang ditentukan.

Terlebih pada giat itu, lanjutnya, warga mendapatkan biaya yang di­gelontorkan pemerintah pusat ber­upa Program Padat Tunai (PKT) 30 persen dari Dana Desa (DD) tahap III 40 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Selain itu juga terdapat empat titik lokasi yang menjadi prioritas sesuai hasil Musrembang 2017 lalu,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Di antaranya, jelas Yayan, pembangu­nan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan gorong-gorong di Kampung Ma­langsari, RT 01/01, yang menembus hingga RT 04/01 sepanjang 320 meter dan TPT di RT 02/01 setinggi dua meter dengan panjang 80 meter.

“Selain TPT, betonisasi jalan desa (jaldes) juga direalisasikan. Di anta­ranya pengecoran di Kampung Bau, RT 04/06, 350 meter, beton jalan ling­kungan (jaling) di RT 01/02 250 me­ter,” paparnya.

Yayan melanjutkan, seluruh ban­tuan keuangan pemerintah pusat tersebut kurang lebih Rp360 juta. “Semoga dengan akses infrastruktur ini bisa memberi kemanfaatan terbaik bagi 10 ribu warga Neglasari yang berdomisili di 27 RT, enam RW dan tiga Kadus,” tandasnya. (yos/c/yok/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *