METROPOLITAN – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Adjo Sardjono mengapresiasi pelaksanaan festival walungan (sungai, red) yang digelar Desa Kutasirna untuk menjaga kelestarian alam. ”Saya sangat bangga dan mengapresiasi Desa Kutasirna yang telah menggelar festival walungan untuk menjaga kelestarian alam, terutama ekosistem yang ada di sungaisungai,” ujar Adjo saat ditemui usai menanam pohon dan tabur ikan epidemik di bantaran Sungai Desa Kutasirna, Rabu (8/1).

Selain menjaga kelestarian alam, Adjo juga berharap kegiatan tersebut sekaligus untuk mengembangkan potensi wisata di desa tersebut. ”Mudah-mudahan acara seperti ini semakin ditingkatkan oleh masyarakat setempat,” katanya.

Kegiatan tersebut, menurut Adjo, memberi dampak positif. Selain menjaga kelestarian lingkungan, juga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar. “Kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat sekitar agar mau memelihara lingkungan, menjaga kebersihan dan melakukan konservasi alam sekitarnya karena sungai ini harus bersih, jangan ada sampah ataupun limbah,” paparnya.

Adjo menjelaskan, pariwisata ini bukan sekadar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi untuk menumbuhkembangkan ekonomi rakyat, industri kecil dan usaha kreatif. ”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi akan terus mengembangkan pariwisata sesuai visi Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

”Saya harap kegiatan ini dapat berkembang terus menjadi objek wisata yang bisa mendatangkan wisatawan sehingga ekonomi di desa ini bisa tumbuh,” harapnya. (hep/ade/mam/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here