METROPOLITAN – Minimnya objek wisata alam di Kota Sukabumi membuat Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi lebih fokus mengembangkan wisata kuliner dengan strategi promosi yang lebih kreatif dalam kemasan yang menarik.

“Kota Sukabumi itu kekurangan wisata alam, tapi kami memiliki banyak potensi di wisata kuliner,” kata Kepala Disporapar Kota Sukabumi, Adang Taufik saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, saat ini sudah banyak bermunculan tempat– tempat kuliner dengan berbagai konsep di beberapa titik di Sukabumi. Potensi tersebut membuat Disporapar lebih serius mengembangkan wisata kuliner.

“Saat ini ada sekitar 173 tempat kuliner yang terdata oleh kami. Banyak yang memiliki khas, hanya perlu pengembangan saja,” ujarnya.

Dia menambahkan, salah satu strategi untuk mengembangkan wisata kuliner tersebut dengan memperbanyak pangsa pasar. Dalam waktu dekat, lanjut Adang, Disporapar akan menggelar festival kuliner dengan menghadirkan seluruh kuliner yang ada di Sukabumi. “Konsepnya sudah ada, tinggal pelaksanaannya. Rencananya akan digelar setelah hari raya,” ungkap dia.

Selain itu, untuk wisata alam yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Sukabumi hanya ada satu lokasi. Yakni, Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC) Sukabumi yang berada di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. “Wisata alam lainnya Santa Sea Water Park. Tapi itu pengelolaannya oleh pihak ketiga,” pungkasnya. (su/mam)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here