Lebih Awet, Sebulan Pernah Laris 3 Juta Butir

by -

METROPOLITAN – Pusat Penelitian (Puslit) Karet di Jalan Salak No. 1, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor mengembangkan seal karet yang terbuat dari campuran karet alami dan sintetis. Selain harganya murah, bahan yang awet menjadi nilai jual utama produk ini.

Karet alami yang terdapat pada seal tabung gas ini sebesar 30 persen dari karet sintetis. Menurut inventor seal tabung gas Hevea Seal, Hani Handayani, karet alami yang dicampurkan dengan karet sintetis dapat memperpanjang usia pakai seal. Sehingga seal tabung gas bermerek Hevea Seal dapat bertahan sampai dua bulan pemakaian.

“Bahkan menurut konsumen, penggunaan seal bisa awet sampai satu tahun,” ungkap Hani. Hevea Seal dijual Rp3.000 per lima butir. Harga itu sangat murah untuk jangka pemakaian yang panjang. Hevea Seal juga sudah memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Pusat Penelitian Karet mulai memproduksi seal tabung gas sejak 2015, bekerja sama dengan produsen produk-produk karet PT Cipta Daya Mandiri Insani. “Pada 2017 penjualannya mencapai tiga juta butir per bulan,” tutur Hani.

Hevea Seal sudah pernah dipamerkan di berbagai pameran. Salah satunya pada acara Pusat Unggulan Iptek 2017 di gedung Kemenristekdikti, Jakarta. “Selain itu, pernah juga dipamerkan di Belanda dalam perhelatan Indonesia Innovation Day 2017,” katanya. (mg1/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *