Longok Gotong-Royong Warga Leuwiliang, Sukses Serap DD III APBN 2018

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Leuwiliang, Kabupa­ten Bogor, belum lama ini sukses merealisasi peningkatan infrastruktur sebelum masuk 2019. Kegiatan itu dilaksanakan dengan digelontorkan­nya program Padat Karya Tunai (PKT) 30 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Ban­tuan itu untuk dibayarkan kepada warga yang ikut bekerja bakti dalam proses pembangunan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Leuwiliang Andi Lala menuturkan, pelaksanaan tersebut difokuskan pada pengecoran jalan lingkungan (jaling) di Kampung Babakan, RT 04/06, sepanjang 860 meter.

Sementara untuk lokasi selanjutnya betonisasi jaling di Kampung Sawah­baru, RT 03/12, sepanjang 1.543 me­ter. Kedua lokasi tersebut menjadi skala prioritas setelah melalui tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) 2017 bersama warga dan tokoh masyarakat setempat. ”Al­hamdulillah sudah terealisasi dengan waktu satu bulan lima hari kalender kerja,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin.

Andi menjelaskan, dua pembangu­nan tersebut memanfaatkan bantuan Dana Desa (DD) tahap III 40 persen APBN 2018 kurang lebih Rp350 juta. ”Semoga bantuan ini menjadi daya gedor perekonomian warga dan mem­percepat aktivitas masyarakat, khu­susnya di 13 RW, 48 RT dan di lima Kedusunan di wilayah seluas 297 hektare, dengan jumlah penduduk 16.297 jiwa,” pungkasnya.  (yos/c/yok/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *