METROPOLITAN – Mendengar kata Maung identik dengan khazanah kebudayaan masyarakat tataran Sunda. Maung juga merupakan istilah melekatnya legenda Kerajaan Siliwangi. Namun berbeda dengan maung yang satu ini. Nama Maung ini digunakan sebagai nama grup musik (band) oleh sekelompok anak negeri dari suku berbeda-beda di Indonesia.

Nama Manusia Unggul atau Maung Band diambil dari kata nama independen yang berarti mer­deka, berdiri sendiri, berjiwa bebas dan tak tergantung label rekaman. Di mana grup musik perpaduan seni tradisio­nal dan musik modern ini terben­tuk pada 20 Maret 2016. Itu be­rawal dari bangsa Indonesia yang saat ini seperti kehilangan ingatan akan sejarah bangsanya sendiri.

”Dibentuknya Maung Band ini guna mengajak, menyadar­kan dan meneguhkan kembali jiwa nasionalisme para pendengar­nya melalui karya yang dipublika­sikan melalui media sosial,” terang manajer MaUng Band, Zein Abdurah­man, seraya menjelaskan bahwa aliran bandnya adalah indi.

Selain itu, Maung Band tercipta untuk me­numbuhkan kesadaran masyarakat In­donesia akan pentingnya menghor­mati dan menghargai seja­r a h bangsa yang ditu­angkan dalam bentuk karya lagu serta menanamkan kembali jiwa nasionalis dan mempertahankan identitas suatu bangsa yang kini kian meluntur. Dengan adanya in­dustri musik dari berbagai mancanegara, maka gene­rasi muda diimbau untuk tidak lupa akan identitas dari negaranya sendiri.

Zein melanjutkan, Maung Band memulai perfor­mance dengan mengikuti parade dan festival, di mana konsep acara musik ini tak hanya terfokus dengan hiburan dari pertunju­kan musik di atas panggung saja, melainkan memberikan atmos­fir berbeda ketika mendengar­kan lagu-lagu dari MaUng Band. Sehingga di setiap acara akan menjadi kenangan tersendiri bagi penonton dan pendengarnya.

Untuk bisa bergabung dan ingin mengetahui segala aktivitas dan keberadaan grup musik yang terbilang unik ini, Anda bisa datang ke Jalan Pondok Betung Raya Nomor 72, Bintaro IV, Tangerang Selatan, J a l a n Pandaysari Nomor 1, Cijunjung, Sumedang, Jawa Barat. MaUng Band kini telah mengha­silkan beberapa karya lagu, antara lain A3 ( A s i h , Asuh, Asah), Indonesia Jaya, Syukur, MaUng dan Indo­ne­sia Raja Dunia. (rez/ py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here