METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memastikan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 masih aktif. Walaupun kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah berakhir 2018.

“NTPD 112 tetap aktif dan pengelolaannya dilimpahkan ke Pemerintah Kota Bogor,” kata Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Publik, Diskominfo Kota Bogor, Andi Aslamiah Achmad, seraya menjelaskan, ada beberapa provider seperti dari telepon rumah (PSTN) dan Indosat sementara ini tidak bisa mengakses dan sedang tahap pembenahan.

Menurut dia, masa transisi pelimpahan NTPD khususnya penggunaan nomor 112 dari Kemenkominfo ke Pemkot Bogor semua layanan baik contact center maupun NTPD tetap bisa digunakan masyarakat. “Saat aplikasi BISA di launching nanti, nomor 112 untuk layanan pengaduan kegawatdaruratan tetap bisa digunakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Informasi Publik, Diskominfo Kota Bogor, Sugeng Rulyadi, menambahkan, NTPD 112 yang awalnya kerja sama antara Kemenkominfo dan Pemkot Bogor yang dimulai awal Januari 2017 sampai akhir 2018 telah berakhir.

“Lalu sejak 1 Januari 2019 pengelolaannya dibebankan ke Pemerintah Kota/Pemerintah Kabupaten, hanya saja masih masa transisi tetapi 112 masih bisa dihubungi dan aktif,” pungkasnya.(*/rez/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here