METROPOLITAN –¬† Kawasan ¬†Bandung Selatan menyimpan begitu banyak destinasi wisata keren yang wajib dikunjungi. Selama ini yang kita ketahui di Bandung Selatan, khususnya Ciwidey wisata kawah, hanya terdapat kawah putih yang sudah dikenal wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri. Ternyata ada wisata kawah yang tidak kalah cantiknya dengan Kawah Putih yakni Kawah Rengganis.

Kawah tersebut berlokasi di kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, kawah tersebut disebut Kawah Cibuni.

Kawah Rengganis terbentuk dari proses alam jutaan tahun lalu. Kawah tercipta dari letusan Gunung Sunda Purba atau fenomena alam yang terjadi di kawasan Gunung Patuha, seperti di Kawah Putih Ciwidey. Kawah ini mengeluarkan sumber energi panas bumi yang bisa dinikmati uap airnya atau air panasnya untuk berendam dengan aroma khas belerang dan bebatuan kapur berwarna kuning di lokasi ini. Kepulan asap belerang di tempat ini begitu banyak tersebar di setiap sudut lokasi, kadangkadang menutupi seluruh area sehingga jarak pandang pengunjung menjadi terbatas.

Di Kawah Rengganis, yang dikelilingi dengan pohon-pohon yang rimbun ini airnya dapat digunakan untuk mandi dan berendam. Pengunjung bisa melihat banyak bebatuan besar yang tersebar di sungai. Di tempat ini terdapat beberapa spot menarik yang bisadinikmati seperti air mancur hangat dialirkan dari 5 ruas bambu besar cocok untuk mengguyur sekujur tubuh seakan pengunjung di pijat secara alami mirip dengan pemandian di Jepang (onsen).

Bagi pengunjung ingin luluran dengan lumpur yang mengandung belerang, di tempat ini pengunjung bisa menggunakannya sebagai masker wajah dan tubuh. Selain itu, terdapat juga kolam besar yang dibuat pengelola dengan bentuk love sehingga menambah romantis untuk berendam di kolam dengan kedalaman sepinggang orang dewasa. Terdapat juga air terjun mini yang berundak dari sungai kecil dengan airnya yang jernih hingga terlihat sampai dasar sungai. (net/suf/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here