Cigombong – Bekas galian C di Kampung Panyarang, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, berubah menjadi danau.

Sebab, bekas galian C yang sudah bertahun-tahun dibiarkan dan tidak aktif lagi kini memiliki kedalaman sekitar tiga meter dengan luas seratus meter.

Pemerintah Desa (Pemdes) Ciburayut pun berencana menyulap kawasan bekas galian itu menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi masyarakat.

Kaur Pemerintahan Desa Ciburayut, Ujang Heri, mengatakan, galian C tidak berizin yang terbengkalai bisa menjadi objek wisata.

Tinggal diberikan tanaman hijau di sekelilingnya agar bisa dimanfaatkan warga setempat, sehingga memberikan dampak positif perekonomian warga.

”Bekas galian C yang kini menjadi kubangan luas sudah tidak terpakai lagi. Daripada nggak bermanfaat, solusi terbaik ya memanfaatkan bekas galian dengan merawatnya dengan
baik. Seperti dijadikan kolam pancing atau ditanami pohon yang bisa menjadi kawasan wisata,” bebernya.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati. Sebab, dengan adanya bekas galian yang sudah tidak digunakan
tersebut dikhawatirkan akan membahayakan warga.

”Setiap ada rapat, di desa kami selalu menyampaikan untuk bekas-bekas galian yang sudah tidak bisa digarap lagi diadakan penghijauan kembali serta mengimbau warga waspada banjir dan tanah longsor,” tambahnya.

Terpisah, Koordinator Lapangan (Korlap) Pol PP Kecamatan Cigombong, Teguh, menyampaikan bahwa semua aktivitas galian C yang tak berizin sudah disetop.

Sementara untuk mengubah danau bekas galian menjadi wisata danau, pemerintah kecamatan pasti memberikan dukungan.

”Kalau galian C itu tidak mengantongi izin ya terpaksa kami akan memberhentikan. Tapi kalau untuk memanfaatkan bekas galian C yang sudah seperti danau, kami pernah menyampaikan kepada masyarakat untuk dilepaskan benih ikan supaya ke depannya jadi tempat lahan perikanan,” tutupnya. (nto/b/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here