METROPOLITAN – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat akan segera membangun bak penampungan air bersih baru berkapasitas 20 liter perdetik di wilayah Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug.

Direktur Tehnik (Dirtek) Perumda AM, Iyus Sugiarto mengatakan bak penampungan tersebut rencananya akan diisi sumber mata air CIkombo sebagai bahan baku untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga Desa Cisaat dan sekitarnya. ”Diwilayah Desa Cisaat Perumda AM rencananya akan membangun bak penampungan berkapasitas 20 liter perdetik untuk melayani permohonan warga desa Cisaat,” ujar Iyus kepada Metropolitan, saat ditemui di kantornya, kemarin.

Menurut Iyus, bak penampungan tersebut rencananya akan segera dibangun dengan dana APBN. ”Bak penampungan besar itu rencanaya untuk melayani sekitar 2 ribu Kepala Keluarga (KK) di wilayah Desa Cisaat, dengan memanfaatkan sumber mata air Cikombo,” jelasnya.

Secara teknisnya, lanjut Iyus, air dari sumber mata air Cikombo akan ditarik ke atas dalam bak penampungan yang akan dibangun dengan menggunakan pompa Air. ”Air Cikombo akan ditarik ke atas dan ditampung di bak penampungan lalu di distribusikan ke warga desa Cisaat,”terangnya.

Dijelaskan Iyus, rencana pembangunan bak penampungan tersebut seiring dengan permohonan warga desa Cisaat melalui kepala desanya yang meminta pelayanan Perumda AM. ”Tentunya Perumda AM akan respon dan memenuhi permohonan warga untuk menjadi pelanggan Perumda AM,” tandasnya. (ade/mam)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here