METROPOLITAN – Ed Sheeran tengah tertimpa kasus plagiarisme. Lagu ’Thinking Out Loud’ (2014) miliknya dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu ’Let’s Get It On’ (1973) milik Marvin Gaye. Tak hanya Ed Sheeran yang pernah tertimpa kasus serupa. Ada sejumlah artis lainnya yang dianggap menjiplak lagu milik musisi lain yang lebih dulu dirilis. Kasus plagiarisme di antara musisi pun kerap terjadi.

Lana Del Rey Lagu ’Get Free’ (2017) milik Lana Del Rey sempat dituding menjiplak lagu Creep (1993) milik Radiohead. ’Get Free’ merupakan lagu yang ada di album ’Lush for Life’. Kasus di antara keduanya kemudian dianggap selesai.

Radiohead Jauh sebelum Radiohead menuding Lana Del Rey menjiplak lagu ’Creep’, band tersebut pernah tertimpa kasus yang sama untuk lagu yang sama. Beberapa elemen dari lagu ’Creep’ dianggap mirip dengan lagu ’The Air That I Breath’ (1974) milik The Hollies.

Miley Cyrus Bila kisruh persoalan jiplak-menjiplak yang menimpa musisi biasanya dikarenakan elemen nada yang mirip, lagu ’We Can’t Stop’ (2013) dari Miley Cyrus dianggap mirip dengan lirik lagu reggae berjudul ’We Run Things’ (1988). (dtk/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here