Wow… Revitatalisasi Pasar Cisarua Telan Rp10 Miliar

by -

METROPOLITAN – Cisarua Pasar Cisarua yang sejak awal pembangunannya belum pernah diperbaiki, kondisinya kini sangat rapuh dan tak layak huni. Namun harapan untuk revitalisasi (perbaikan, red) pasar tersebut bisa terwujud dengan anggaran Provinsi Jawa Barat sebesar Rp10 miliar.

Rencananya, ratusan pedagang Pasar Cisarua, khususnya Blok C dan D, pertengahan tahun ini akan direlokasi untuk sementara. Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga Kabupaten Bogor bakal merevitalisasi untuk mengoptimalisasikan lokasi Pasar Cisarua.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menilai Pasar Cisarua memang ribet, karena memiliki dua pasar tradisional yang masing-masing dikelola PD Pasar Tohaga dan Pasar Pafesta. ”Kalau pasar lain kan nggak ada yang kembar. Kalau di Cisarua malah ada dua pasar tradisional. Nah, di sinilah fungsi pemerintah agar bisa tegas,” terangnya usai menghadiri acara sinergitas PD Pasar Tohaga di Gunung Mas, kemarin. Iwan membeberkan, perizinan Pafesta bukan pasar tradisional. ”Ini merupakan tugas PD pasar dan dinas lain untuk menyelesaikannya. Terkait revitalisasi pasar, diharapkan bisa memanfaatkan dulu uang itu, sebelum ada anggaran dari pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, Eko Romli, mengatakan, anggaran Rp10 miliar dirasa tidak akan cukup, karena dana yang dibutuhkan sebesar Rp25 miliar. ”Kami akan coba memaksimalkan. Sekarang sedang dikaji apakah hanya Blok C dan D yang diperbaiki atau seluruh pasar yang hanya direnovasi kecil-kecilan agar anggaran bisa maksimal,” ungkapnya.

Lalu, Kepala PD Pasar Tohaga Unit Cisarua, Mira, membenarkan pihaknya segera merelokasi para pedagang, khususnya pada area komoditi basah dan kering. Lokasi tersebut masih berada dalam Pasar Cisarua. ”Relokasinya di belakang kantor PD Pasar Tohaga Unit Cisarua. Di situ masih ada lahan yang bisa difungsikan selama revitalisasi dilakukan. Kurang lebih ada 400 pedagang yang akan dipindahkan sementara,” terangnya.(ash/b/suf/py

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *