METROPOLITAN – Pemerintah Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, sepakat membangun desa wisata yang berwawasan lingkungan pada 2020. Hal itu sesuai hasil musyawarah dusun yang ditindaklanjuti dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Cicantayan.

Camat Cicantayan Sendi Apriyadi mengatakan, usulan desa wisata tersebut berdasarkan invetaris usulan yang masuk di tingkat dusun hingga kecamatan. “Kami menginginkan nantinya desa wisata ini dalam kawasan desa terintegrasi,” ujar Sendi usai Musrenbang 2020 di Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/2).

Menurut Sendi, hal itu selaras dan sinergis dengan visi-misi pemerintah provinsi dan kabupaten. ”Skala usulan prioritas masyarakat baru berkisar di angka 70-80 persen dan itu berhubungan dengan infrastruktur jalan, jembatan, gorong-gorong dan sarana air bersir,” jelasnya.

Untuk infrastruktur, ia mengaku pihaknya tidak berfokus pada infrastruktur jalan tapi juga terintegrasi dalam konsep kepariwisataan.

“Jadi kalau mereka ingin membangun jalan antara desa satu dengan desa lain, maka dalam desa itu harus ada hal yang diunggulkan. Sehingga nanti programnya tidak hanya jalan, tetapi berkembang dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Sendi menambahkan, ada empat desa yang sudah masuk konsep kawasan dengan satu kawasan induk, salah satunya Desa Cijati, Cicantayan, Hegarmanah dan Manggis. ”Saya harap target bisa dituntaskan sehingga bisa terlaksana,” tutupnya. (dna/azr/ade/feb/ run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here