Abaikan Fasos-Fasum, Perum Mayanti Residence Disidak

by -4 views

METROPOLITAN – Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi lakukan sidak ke Perumahan Mayanti Residence di Kampung Bojongsari, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi. Hal itu lantaran pengembang tidak menyerahkan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum).

Kabid Tata Ruang Ikral Ireda mengatakan, berdasarkan inventarisasi dan identifikasi di lokasi yang dilakukannya di Perum Mayanti Residence ditemukan permasalahan yang disampaikan warga penghuni peru mahan. “Seperti batas wakaf untuk pembangunan Mushola, dan adanya kapling akan dibangun unit untuk rumah subsidi,” ujarnya kepada Metropolitan.

Secara keseluruhan, lanjut Ikral, pihaknya akan melakukan evaluasi siteplan yang sudah dikeluarkan termasuk kaitan dokumen, karena siteplan berhubungan dengan lingkungan hidup, dokumen Amdal Lalin, dan beberapa yang lainnya.“Banyaklah tidak hanya ini karena semuanya juga bermula di siteplan sendiri,” kata dia.

Langkah berikut jika ada penyimpangan pemanfaatan pembangunan fisik pemerintah pasti akan ditindak, dengan memberikan teguran lisan 1, 2, 3, tulisan 1, 2, 3 dan terakhir pembongkaran. “Kita berlakukan setiap perijinan apapun tidak hanya perumahan saja, seperti rumah toko(ruko) yang tidak sesuai aturan kita tindak tegas dan terakhir kita bongkar. Bahkan akan melanjutkan pengawasan terhadap perumahan yang ada belum memenuhi kewajibannya terhadap warga penghuni,” paparnya.

Keluhan juga disampaikan oleh Jayabakti, atau yang akrab disapa Abah menurutnya, sebagai konsumen sekaligus sebagai warga dari awal berdiri Perumahan Mayanti Residence. “Fasum dan Fasos tersebut belum dipenuhi pengembang seperti taman bermain anak, ruang terbuka hijau, tempat pemakaman umum, Penerangan jalan umum, sarana olah raga,” ungkapnya. (kng/ade/ mam/run)