METROPOLITAN – Kabar gembira datang untuk warga Ciseeng, Kabupaten Bogor. Bagi warga yang sedang sakit dan perlu rawat inap, kini tak perlu jauh-jauh berobat ke rumah sakit di luar Kecamatan Ciseeng. Sebab, UPT Puskesmas Ciseeng saat ini sudah memiliki gedung rawat inap. Gedung ini berdiri di atas lahan seratus meter persegi. Bangunan dibuat dua lantai, dengan fasilitas tiga ruang rawat inap khusus anak-anak, pria dan wanita. Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT Puskesmas Ciseeng, Marlina Mafilinda.
“Pembangunannya baru selesai sekitar satu bulan lalu dan saat ini sudah difungsikan. Ada 13 bed perawatan, 3 ruangan dilengkapi alat medis yang dibutuhkan, terutama penanganan gawat darurat,” katanya.
Menurut dia, saat ini berbagai sarana-prasarana kesehatan di Puskesmas Ciseeng relatif lengkap. Di antaranya laboratorium yang bisa digunakan cek darah, cek urine dan sebagainya. Lalu, ada dua unit mobil ambulans, satu mobil puskesmas keliling (pusling), rumah bersalin (PONED) beserta alat inkubator.
Dengan adanya ruang inap umum ini, diharapkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. ”Jadi cukup lengkap, sehingga lebih memudahkan kinerja tenaga medis di sini guna memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat,” katanya.
Terkait tenaga medis, Marlina menambahkan, saat ini ada tiga dokter umum, berikut dirinya dan satu dokter gigi. Sedangkan perawat PNS ada tujuh orang serta bidan PNS ada sembilan orang dibantu bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dua orang.
Sementara untuk perawat honor, sambung Marlina, ada lima orang dan bidan honor ada lima orang. Lalu, ada tenaga kesling, petugas khusus TBC HIV dan Hepatitis, petugas khusus penyakit kusta & kelainan jiwa, petugas khusus penyakit TDK menular, tenaga promkes, tenaga analis untuk laboratorium, tenaga UKS serta Juru Imunisasi (Kirim) khusus vaksin BCG, Polio, Hepatitis BPT dan Campak agar steril.(sir/b/rez/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here