Bangun Infrastruktur Secara Merata

by -

METROPOLITAN – Apa alasan Anda mau menjadi Ketua BPD? Tujuann menjadi Ketua BPD ka­rena ingin mengabdikan diri untuk masyarakat Desa Dramaga. Dengan menjadi BPD, saya memiliki ke­kuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Selain itu, saya juga bisa menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke Desa dan mengelola aspirasi ma­syarakat sebagai sebuah energi posi­tif dalam merumuskan langkah kebi­jakan desa.

Apa saja tugas BPD? Sesuai dengan fungsi BPD yakni membahas dan menyepakati Ran­cangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama kepala desa. Kemudian, me­nampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki ke­kuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa. Sehingga setiap pembangunan yang di laksanakan bisa tepat sasaran.

Adakah yang lainnya? Peran BPD juga sangat penting un­tuk mengawasi bagaimana dana yang ada dapat dimanfaatkan untuk program-program yang sesuai dengan apa yang telah disusun desa, sekaligus menga­wasi berjalannya proses realiasi pro­gram. BPD pula yang diharapkan mampu menciptakan kepatuhan dari perangkat teknis desa agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan.

Adakah program unggulan yang Anda miliki sebagai Ketua BPD? Selain tupoksi BPD yakni mengali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat dan melaksanakan pengawasan terhadap kinerja kepala desa, saya berharap Desa Dramaga memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Karena, dengan adanya Bumdes, tentunya bisa membangun perekonomian masyarakat. Keberadaan Bumdes juga bisa mem­fasilitasi usah masyarakat di bidang pertanian, perternakan, UMKM ter­masuk program simpan pinjam. Se­hingga warga tidak lagi pinjam uang ke Bank Keliling. Apalagi Desa Dra­maga, merupakan salah satu desa yang memiliki Pasar. Dengan adanya Bum­des, tentunya bisa disenergikan an­tara desa dengan pasar desa.

Adakah program lainnya?  Tentunya saya juga ingin menggenjot pembangunan infrastruktur yang me­rata. Kunci nilai jual ekonomi yang mumpuni harus pula ditunjang dari sisi infrastruktur memadai, sehingga perputaran ekonomi semakin ber­kembang cepat dan naik dengan sig­nifikan kearah lebih baik lagi. Untuk mewujudkan itu semua, tentunya perlu dukungan dari semua elemen masyarakat Desa Dramaga.

(ads/c/ rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *