Caleg Bogor Nggak Patuhi Jokowi-Ma’ruf

by -1 views

METROPOLITAN – Para calon anggota legislatif (caleg) di Kota Bogor tampaknya masih tidak mematuhi pasangan calon yang mereka usung di pilpres 2019, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Pasalnya, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Kota Bogor mengakui masih banyak caleg dari partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang tidak memasang foto pasangan nomor urut satu di setiap Alat Peraga Kampanye (APK)-nya. Padahal, setiap caleg wajib memasang atribut JokowiMa’ruf pada setiap APK yang mereka buat.

Menurut Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Kota Bogor, Husdi Karyono, dasar aturan tersebut merujuk hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tim Kampanye Nasional (TKN). Dalam rakernas, salah satu butir keputusannya yaitu menginstruksikan semua partai politik (parpol) yang tergabung menyosialisasikan ke calegnya masingmasing untuk memasang atribut Jokowi-Ma’ruf pada APK yang mereka buat. “Iya, saya akui masih banyak yang tidak (memasang atribut JokowiMa’ruf, red),” kata Husdi kepada Metropolitan, belum lama ini.

Melihat kondisi tersebut, Husdi mengaku ingin semua caleg kembali pada aturan sesuai hasil rakernas. Sebab pada posisinya, TKD hanya bisa mengingatkan dan bukan dalam posisi untuk memberi sanksi. “Kalau tidak melakukan aturan, gampang saja bagi TKD, tinggal melaporkan ke parpol. Karena TKD tidak dalam posisi untuk memberi sanksi. TKD hanya dalam posisi untuk mengingatkan mereka mematuhi hasil rakernas. Parpol yang memiliki peran untuk memberikan sanksi,” ucapnya.

Saat ditanya apakah caleg takut suaranya turun dengan memasang atribut capresnya, Husdi pun tak membantah. Menurutnya, memang masih ada saja ketakutan seperti itu. Ia pun meminta parpol melakukan penegasan kembali kepada caleg-caleg untuk menjalankan mandat rakernas.

“Saya yakin ada ketakutan itu. Malah ada beberapa caleg yang sempat bilang urusan pencalegan masing-masing, kondisi ini juga terjadi di kubu sebelah. Jadi memang normal, ini dinamika. Penegasan memang lebih ke partainya,” ujar Husdi.

Pantauan Metropolitan, banyak APK caleg dari KIK yang tidak memasang foto Jokowi-Ma’ruf pada spanduknya. Kondisi itu sangat mudah ditemui di lokasi-lokasi pemasangan APK seperti di Simpang Gunungbatu, Simpang Yasmin hingga Jalan Sholeh Iskandar. Tak hanya di Kota Bogor, kondisi seperti itu juga terjadi di Kabupaten Bogor. Banyak caleg yang tak memasang APK calon presiden dan wakil presiden yang diusungnya. (fin/c/ rez/run)