Cegah Kebakaran, Camat Ngobrol dengan Damkar

by -3 views

METROPOLITAN – Cijeruk Kepala Seksi Data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Ade Mintarsih, mengunjungi kantor Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cijeruk. Kunjungan tersebut diterima Camat Cijeruk, Hidayat Saputra Dinata, dalam memperingati HUT ke-100 Damkar. Selain mempererat kerja sama dalam penanganan bencana kebakaran di Kecamatan Cijeruk, menurut Mintarsih, pihaknya juga akan meningkatkan komunikasi dengan koordinasi dengan pelaku ekonomi terkait bahaya kebakaran.

“Seperti tahun lalu, kita bekerja sama dengan adik-adik pramuka yaitu membentuk Saka Muda Bramajaya untuk menangkal dan menangani kebakaran api kecil. Tapi kalau api besar, pihak damkar yang turun langsung,” imbuhnya.

Tahun ini, lanjut dia, Damkar Kabupaten Bogor berencana membangun Pos Damkar di Kecamatan Cigombong yang mencakup tiga kecamatan. Di antaranya Kecamatan Caringin,Cijeruk dan Cigombong. ”Penambahan pos atau sektor damkar di beberapa kecamatan agar respons point-nya lebih cepat lagi. Tapi, kami minta masyarakat waspada dan berhati-hati dalam menggunakan alat listrik, kompor gas atau pemantik api lain agar tidak menimbulkan kebakaran,” paparnya.

Sementara itu, Camat Cijeruk, Hidayat Saputra Dinata, menyambut baik kunjungan ini. Sebab, banyak hal yang dibahas dalam kaitan dengan penanganan kebakaran dan sosialisasinya.

”Yang penting adalah sosialisasi dan penanganan kebakaran. Kita bahas juga Standar Operasional Prosedur dalam penanganan baik sebelum atau sesudah kebakaran,” pungkasnya. (nto/b/ suf/py)