METROPOLITAN – Pengalaman baru, ilmu baru. Tampaknya kalimat itu pas disematkan kepada sejumlah kepala SMK di Kabupaten Sukabumi. Itu menyusul kunjungan industri yang dilakukan sebanyak 32 perwakilan dari SMK se Kabupaten Sukabumi ke PT Chemco Harapan Nusantara (CHN) pada Kamis (31/1) lalu.

Para kepala sekolah dari perwakilan 17 SMK di Kabupaten Sukabumi itu melakukan kunjungan industri dengan tujuan belajar. Keberangkatan mereka dikoordinasi Politeknik Sukabumi. “Kami sanggat bangga. Setelah penandatanganan kerja sama, sekolah menjadi peserta kunjungan industri ke PT CHN. Jumlah pesertanya ada 32 orang dan berangkat menggunakan bus yang disediakan panitia,” kata Kepala SMK YPMC Saepul Palah kepada Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, selain melihat langsung perusahaan itu, pihaknya juga mengikuti sesi dialog bersama dirut PT CHN. Hal tersebut dilakukan untuk mem buktikan keseriusan perusahaan kepada sekolah bahwa kerja sama tersebut tidak hanya di atas kertas. Tetapi lebih kepada kesiapan perusahaan dalam menampung siswasiswi, termasuk guru yang akan magang. Bahkan untuk meyakinkan calon tenaga kerja yang akan diterima perusahaan. “Baru kali ini perusahaan membuka diri. Tidak hanya rencana rekrutmen tenaga kerja tapi juga menyajikan kondisi riil perusahaan. Kami bangga dengan PT CHN walaupun jaraknya cukup jauh tapi kami disuguhkan pelajaran dan banyak hal positif, sehingga memacu kami untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari SMK YPMC, Diding, berharap upaya PT CHN seperti ini bisa ditiru perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Cidahu, Cicurug dan Parungkuda. Sebab, di tiga kecamatan tersebut banyak perusahaan besar tetapi akses untuk sekolah kejuruan sangat kecil. Tidak hanya menerima tenaga kerja lulusan SMK tapi juga peserta magang. “Semoga motivasi dari PT CHN bisa memicu perusahaan yang tidak jauh dari sekolah kami,” harapnya.

Sekadar diketahui, sekolah yang menjadi peserta kunjungan industri itu terdiri dari SMK Eka Prasetya, SMK Dwi Darma, SMK N 1 Sukalarang, SMK Pasundan 1 Cianjur, SMKN 1 Tegal Buleud, SMKN 1 Sagaranten, SMK Terpadu Al-Ittihad Purabaya, SMKN Cilaku 1, SMKN 1 Karang Tengah Cianjur, SMK YPM Cidahu, SMK PGRI 3 Cianjur, SMK Gunung Guruh, SMK Al-Barokah, SMK Al- Munawwarah Cianjur, SMK TP Padjajaran, SMK An Nahl, SMK Muhammadiyah I Kita Sukabumi dan jajaran Politeknik Kota Sukabumi. (hid/ade/rez/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here