METROPOLITAN – Komisi Pe­milihan Umum (KPU) RI menga­ku sudah menyiapkan format baru pada segmen terakhir sekaligus penutup debat kedua calon presi­den, 17 Februari besok. Pertanya­an penutup dari moderator diklaim akan membangkitkan atmosfer berbeda dengan debat pertama.

Menurut Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, format baru itu akan lebih bisa memancing para kandidat mengeluarkan statement membangun, sekaligus mencera­hkan pemilih. Dia mencontohkan pertanyaan itu berupa apa alasan kandidat layak dipilih oleh pemi­lih. Pertanyaan yang dinilai seder­hana namun sarat akan makna. ”Kita siapkan format baru untuk penutup. Bocorannya, akan seru. Kalau yang kedua tampaknya kita akan membuat atmosfer yang ber­beda, misalnya dengan pertanya­an ’Apa alasan publik harus me­milih anda?’. Kelihatannya seder­hana tapi tidak mudah kan,” ung­kapnya.

Sementara terkait pertanyaan membangun dan menyejukkan, Wahyu mengatakan KPU tidak akan memaksa mereka menyatakan demikian. Moderator sebagai pe­tugas lalu lintas di debat nanti juga tidak akan memaksa mereka mengeluarkan pernyataan tersebut. Namun, bila para kandidat ingin menyatakan pernyataan menyejuk­kan dalam sesi penutup, KPU sama sekali tak melarang. ”Kalau me­reka mau memberikan pernya­taan yang menyejukkan ya silahkan,” pungkasnya. (ayb/els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here