Ditinggal Ngarit, Satu Rumah Ludes Terbakar

by -0 views

METROPOLITAN – Nahas dialami Handri Iskandar warga Kampung Pasirkananga, RT 06/02, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. Rumahnya ludes terbakar akibat korsleting listrik pada Jumat (8/2).

Ketua RT 06/02, Kampung Pasirkananga, Entis Sutisna, menuturkan bahwa kebakaran itu terjadi pada pukul 08:00 WIB, di mana titik api diduga berasal dari korsleting listrik di rumah Handri yang saat itu tengah kosong ditinggal ngarit (mengambil rumput, red) ke kebun oleh pemilik rumah.

”Entah bagaimana awalnya sehingga rumah itu terbakar. Yang jelas warga mengetahui rumah sudah mengeluarkan api dari atap. Warga juga sudah mulai ikut memadamkan api, tapi ternyata di dalam itu api sudah besar, nah kebetulan rumah itu lagi ditinggal pemiliknya,” ujar Entis.

Entis mengungkapkan bahwa kondisi api yang sudah cukup besar, ditambah material bangunan yang mudah terbakar, membuat api cepat menjalar dan menghanguskan bangunan. ”Rumah Handri langsung ludes terbakar,” terangnya.

“Habis semua, api memang cepat banget, nggak kebawa. Semua ludes, kayaknya pakaian yang dipakai Handri saja yang tersisa. Warga tadi memang panik jadi sempat binggung, namun kita bersama warga lainnya langaungberupaya memadamkan api dengan alat seadanya,” paparnya.

Kepala Desa (Kades) Hegarmanah Uus Usep mengatakan, akibat kebakaran tersebut, Handri kehilangan tempat tinggalnya. Menurutnya, bangunan yang terbakar merupakan rumah satu-satunya. ”Beruntung saja tidak ada korban jiwa, sementara kerugian ditaksir mencapai Rp80 juta,” katanya.

Saat kejadian, ia berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. ”Kurang lebih satu jam kebakaran berhasil dipadamkan,” ungkapnya. (den/ ade/mam/run)