Hore… Tol Bogor Bandung Bakal Dibangun

by -30 views

METROPOLITAN – Meningkatkan laju perekonomian daerah, pemerintah pusat terus mengembangkan infrastruktur. Seperti wacana pembangunan Jalan Tol Bogor-Bandung via Sukabumi Cianjur. Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi sempat diingatkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk mengumumkan rencana pembangunan tol tersebut. ”Saya informasikan segera dimulai pembangunan jalan tol. Jangan tepuk tangan dulu, belum diumumkan. Saya tadi dibisiki pak gubernur, pak jangan lupa itu jalan tolnya diumumkan, jadi ingat saya,” tuturnya.

Menurut Jokowi, pembangunan Tol Bogor-Sukabumi segera rampung tahun depan. Setelah itu disambung ke Cianjur menuju Bandung. ”Bogor Sukabumi insya Allah tahun depan rampung. Nanti disambung ada penlok (penetapan lokasi) di sini (Cianjur, red). Penetapan lokasinya langsung menuju Bandung,” terangnya. Jokowi menuturkan, pembangunan jalan tol itu bertujuan agar masyarakat yang mau ke Bandung memiliki alternatif jalan selain yang sudah ada.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengatakan bahwa Tol Bogor-Sukabumi tak hanya bisa tersambung via Cianjur menuju Bandung, tapi juga bisa diteruskan ke Cilacap, Jawa Tengah. (dtk/mam/py)