Jabatan Kepala Bapenda Gagal Dilelang

by -

METROPOLITAN-Lelang jabatan atau open bidding untuk posisi lima kepala dinas di lingkungan Pemkot Bogor, tidak berjalan mulus. Dari lima kepala dinas yang dilelang, rupanya jabatan kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor gagal dilelang. Musababnya, dari quota yang ditetapkan panitia seleksi sebanyak empat orang, hanya ada satu pelamar atas nama Andri Hikmat yang saat ini menjabat sebagai Plt kepala Bapenda.

Padahal, panitia seleksi Pemkot Bogor sudah memperpanjang masa lelang kepala dinas selama sepekan. Pemkot pun akan melempar jabatan kepala Bapeda ke Baperjakat untuk dilakukan lelang jabatan ulang atau melalui proses rotasi mutasi.

Sekretaris BKPSDA Kota Bogor, Dani Rahadian mengatakan, lima jabatan yang dilelang Pemkot Bogor yakni, kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim), serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Dari lima kepala dinas yang dilelang, hanya ada empat dinas yang memenuhi kuota pendaftar. Sedangkan, untuk kepala Bapenda tidak terpenuhi dan kurang dari tiga pelamar.

“Empat dinas yang sudah terpenuhi bakal di open bidding diantaranya, BKPSDA dengan pendaftar tujuh orang, disperindag sebanyak enam orang, disdukcapil ada lima orang dan disperumkim ada lima orang, sedangkan Bapenda hanya ada satu pendaftar,” kata Dani.

Menurutnya, dari empat dinas yang sudah memenuhi kuota, tahapan selanjutnya yaitu, seleksi administrasi kelengkapan pelamar. Nantinya, di cek apakah persyaratan sudah memenuhi syarat dan lengkap atau tidak. Setelah itu baru masuk ke tahap tes.

“Open bidding Bapenda akan diajukan kembali ke Kemendagri dan Komisi ASN,” ucapnya.

Menurut Dani, penyebab sepinya minat pejabat untuk daftar pada posisi kepala Bapenda dikarenakan, untuk mengisi kepala Bapenda dibutuhkan orang yang memiliki pengalaman dan pernah bertugas di Bapenda. (ads/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *