METROPOLITAN – Kodim 0606/Kota Bogor berkomitmen ikut me­nyukseskan pemilu 2019. Salah satu yang mereka lakukan adalah mengi­dentifikasi atau memetakan kera­wanan pesta demokrasi lima tahunan yang berpotensi menimbulkan kon­flik di masyarakat.

Menurut Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Letkol CZI Aji Sujiwo, dalam praktiknya jika ada potensi konflik di masyarakat, ia akan men­datangi langsung dan melakukan penanganan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada perbe­daan pandangan politik atau pilihan yang menyebabkan konflik.

“Secara parsial juga kami mengi­dentifikasi kerawanan-kerawanan pemilu atau konflik di bawah. Boleh berbeda politik tapi jangan sampai ada konflik. Kami juga sudah meng­instruksikan babinsa di kelurahan-kelurahan untuk sosialisasi, berpar­tisipasi aktif tapi independen,” kata Aji.

Soal keamanan, Aji telah menyia­gakan seluruh personel Kodim Kota Bogor selama hajatan politik ber­langsung. Tak hanya itu, para per­sonel juga sudah melakukan latihan pengamanan pemilu dan melakukan simulasi langsung. “Kami menyia­gakan seluruh personel Kodim 0606/Kota Bogor, ditambah satuan dari Yonif 315 yang siap membantu Pol­resta Bogor Kota mengamankan pemilu,” tegasnya.

Selain itu, Aji mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Bogor berpartisipasi aktif. Selain ikut men­jaga kondusivitas, dirinya meminta masyarakat menggunakan hak pi­lihnya sesuai hati nurani. “Kami yakinkan masyarakat yang mempu­nyai hak pilih akan kami lindungi keamanannya, jadi jangan takut menggunakan hak pilihnya. Gunakan sesuai hati nurani. Jadi tidak usah ragu dalam menggunakan hak pilih selama pesta demokrasi,” yakin Aji. (fin/b/els/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here