Kolonel (Purn) Frist Siap Terbang Ke Parlemen Senayan

by -12 views

METROPOLITAN – Kesehatan berkeadilan bagi seluruh masyarakat, menjadi visi utama yang diusung Friedrich untuk mencalonkan diri men­jadi wakil rakyat di DPR RI. Pria yang akrab disapa dr Frits itu tengah mencalonkan diri menjadi Caleg DPR RI Dapil V, Kabu­paten Bogor, dengan nomor urut 3. Untuk mengetahui lebih jauh tentang dokter kesehatan penerbangan ini, berikut wawancara Harian Metropolitan dengan pria yang saat ini menjabat Komisaris Utama RS Sentosa, Kemang, Kabupaten Bogor itu:

Sejak kapan Anda aktif di dunia politik?

Sejak purnatugas TNI AU pada Juni 2018, dengan latar belakang ingin mengabdikan diri untuk NKRI dengan profesionalitas yang dimiliki. Se­perti pengetahuan di bidang keseha­tan yang baik dan benar.

Apakah sebelumnya Anda pernah mencalonkan diri?

Tidak, ini kali pertama. Saya punya gagasan atau perubahan dalam bidang kesehatan yang adil bagi semua.

Perubahan apa yang Anda maksud?

Pokok masalah saat ini kurangnya pemahaman penyelenggara negara memaknai UUD 1945 bahwa urusan Pendidikan, Kesehatan, Pertahanan Keamanan urusan pusat. Termasuk bidang kesehatan.

Menurut Anda, apa akibatnya jika orang yang tidak paham kesehatan memperjuangkan bi­dang itu?

Implementasi di lapangan ya sema­kin runyam dan tak terkendali. So­lusinya, perlu sosok dokter, spesialis kesehatan dan terbukti pernah be­kerja dari Sabang sampai Merauke, mengerti permasalahan mendasar di Indonesia. The right man on the right place.

Selain itu, selama yang memper­juangkan kese­hatan di DPR Pusat/Daerah bukan dari komunitas kesehatan atau dokter, maka akan terus ter­jadi hal-hal seperti yang dialami B P J S saat ini. Ka­rena salah s a t u permasala­han mendasar karena mereka hanya mengerti di per­mukaan, belum pernah menjadi pelaku di lapangan.

Apakah Anda satu-satunya caleg DPR RI yang ber­profesi sebagai dokter?

Dari sembilan caleg DPR RI Partai Nas­dem, hanya saya yang ber­profesi seba­gai dok­ter spesia­lis. Bah­kan, dokter spesialis kandungan satu-satunya caleg DPR RI dari 20 partai yang ada saat ini.

Pengalaman menarik apa yang An­da rasakan saat kampanye?

Pengalaman yang me­narik adalah kesulitan saya dalam menjual nama saya. Karena nama saya agak sulit dilafalkan, dr Friedrich. Sedangkan nama populer saya dr Frits. Adapun nama di lembaran kan harus sesuai KTP meng­gunakan mama asli. (yos/c/ mam/py)