METROPOLITAN – Akun Instagram berisi komik penyimpangan seksual bernuansa Islam menjadi perbincangan di dunia maya.

Mengutip laman @Makassar_Iinfo, Jakarta, Ming­gu (10/2/2019), akun yang bernama @al-**ntuni (akun dirahasiakan, red) membagikan komik pen­dek tentang kehidupan gay. Ikon dalam komik ter­sebut terlihat seorang pria berkulit cokelat dan baju lengan panjang krem mengguna­kan kopiah.

Posting-an pertama akun tersebut dan hingga kini sudah ada seterlihat pada 4 September 2018 kira 12 komik yang diunggah pada Instagram. Sementara itu, akun tersebut mempunyai peng­ikut 2.742 orang.­

Posting-an akun tersebut meng­gunakan bahasa Inggris. Namun di komik terakhir pada 24 Ja­nuari menggunakan bahasa Melayu. Selain itu, hashtag yang digunakan adalah #gaymalaysia, #gayIndonesia #komikmalaysia.

Akun tersebut pun mempu­nyai Twitter dengan nama yang sama. Hasil penelusuran Met­ropolitan, untuk Twitter sudah tidak ditemukan akunnya.

Posting-an terakhir pun men­jadi viral, banyak warganet yang mengecam dan mengutuk akun tersebut. Berikut komentar para warganet.

mami_jemmy: ”Astagfirullah…semoga ALLAH SWT membe­rikan hidayah kpd admin akun ini”. Johanhikmat: ”Mudah mu­dah di kutuk jadi bahan bakar api neraka”. shanaz_vani: ”Tolong segera ditindak secpt mungkin, sgera dihapuskan, ini bner2 sdh kelewatan bgt @cybercrime.id @instagram”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta pihak Instagram untuk meng-suspend akun tersebut.

Plt Kepala Biro Humas Ko­minfo Ferdinandus Setu men­gatakan, selain menghapus akun tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Polri untuk mem­proses hukum.

“SOP kami, selain take down akun, akan kami proses hukum,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, pem­buat akun tersebut diduga be­rasal dari Malaysia. Sebab itu, perlu adanya kerja sama dengan otoritas di sana.

“Iya (kerja sama, red), police to police cooperation, Pasal 2 UU ITE menungkinkan hal ini,” katanya. (ok/feb/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here